Patung Anak Hasan Basri Hadir di TMII, Brigjen Teddy: Almarhum Itu Pejuang

Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham yang juga istri mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, juga hadir bersama kakak iparnya, Syamsul Bahri

Patung Anak Hasan Basri Hadir di TMII, Brigjen Teddy: Almarhum Itu Pejuang - putra-sulungnya-hasan-basri_20161010_000148.jpg
TRIBUN TIMUR/THAMZIL THAHIR
patung mendiang putra sulung Hasan Basri Nurdin Basri (1972-2011) di TBT-TMI
Patung Anak Hasan Basri Hadir di TMII, Brigjen Teddy: Almarhum Itu Pejuang - peresmian-gazebo-karebosi-di-kawasan-tbt-tmii_20161009_235840.jpg
TRIBUN TIMUR/THAMZIL THAHIR
peresmian Gazebo Karebosi di kawasan TBT- TMII

JAKARTA, TRIBUN -- Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Taman Budaya Tionghoa, kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, DKI Jakarta, Brigjen TNI (purn) Teddy Jusuf (72) menyebut pendirian Gazebo Karebosi di kawasan TBT- TMII, ikut memberi kontribusi besar terhadap monumen sejarah pergulatan warga Tiionghoa di Nusantara, khususnya di kawasan timur Indonesia.

Mantan staf ahli bidang Polhukkam Panglima TNI Faisal Tanjung (1992-1998) dan penggagas Paguyuban Marga Sosial Tionghoa Indonesia (PSMTI) ini mengemukan, inisiatif pengusaha asal Makassar Hasan Basri (73) untuk membangun gazebo, patung mendiang putra sulungnya Nurdin Basri (1972-2011) di TBT-TMII ini adalah sumbangsih seorang anak bangsa yang ingin melihat tanah kelahirannya maju dan setara dengan kota-kota besar dan berperadaban di dunia.

Teddy yang juga mantan anggota Fraksi ABRI DPR-RI (1992-1997) ini bahkan secara khusus menyebut, patung Nurdin Hasan, laik dikenang dan berada di kawasan Gazebo Karebosi di TMII.

"Informasi yang saya tahu, ananda Nurdin Hasan ini gigih mewujudkan mimpinya memperbaiki Karebosi, membangun mall bawah tanah pertama di Indonesia di atas lapangan bola seluas 12 Ha, almarhum ini laik disebut pejuang, pengusaha pejuang," kata Teddy, saat memberi sambutan resmi usai pembukaan selubung patung perunggu dan gazebo Karebosi di aula Museum Hakka, TBT-TMII, Jakarta Timur, Minggu (9/10/2016) pagi.

Gazebo Karebosi adalah satu spot monumental yang digagas pengusaha Makassar, Hasan Basri, pemilik kelompok usaha Pt Tosan Permai Lestari, pengelola kawasan bisnis di KIlometer O Makassar, Sulawesi Selatan.
Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung gasebo dan patung Nurdin Basri (1971-2012).

Gazebo ini berdiri di lahan sekitar 500 m2 tepat di pusat Taman Budaya Tionghoa di TMII.
TBT sendiri digagas Teddy Jusuf dan kawan-kawan atas inisiatif Presiden Soeharto.

Kawasan ini berada di sisi tenggara TMII dengan luas sekitar 45.000 m2. Sebagian besar lahannya dikelola oleh Yayasan Harapan Kita (35.000m2, Taman Mini Indonesia Indah (1800m2)a. Sisanya disumbangkan oleh yayasan sosial seperti

Perkumpulan Hakka Indonesia Sejahtera (1200m2), PSMTI Sumsel, PSMTI Kepri masing-masing 500m2, dan perorangan seperti The Ning King (4.000m2), Liem Haryono Wijaya Sarwono (1000m2), Prayogo Pangestu (1000m2), dan terakhir Hasan Basri (500 m2).

Hasan Basri datang bersama istri, anak, menantu, cucu, dan kerabat dekatnya. Mereka terbang khusus dari Makassar, dan sejumlah daerah di Indonesia.

Hadir juga sahabat, kerabat, dan sejumlah karyawan PT Tosan, dari Makassar.
Selain itu, Hasan Basri juga mengundang setidaknya tujuh jenderal TNI Polri, anggota DPR RI, DPRD Makassar, dan pengurus yayasan marga sosial tionghoa di Makassar.

Halaman
12
Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved