Pendidikan di Makassar Merosot, Kopel Sebut Sertifikasi Guru Hanya untuk Kredit Mobil

Di setiap sekolah, kata Ismunandar, setidaknya ada dua mobil milik guru yang terparkir.

Pendidikan di Makassar Merosot, Kopel Sebut Sertifikasi Guru Hanya untuk Kredit Mobil
TRIBUN TIMUR/SALDY
Direktur Komite Pemantau Legislasi (Kopel) Indonesia, Syamsuddin Alimsyah 

Laporan wartawan Tribun Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Direktur Komite Pemantau Legislasi (Kopel) Indonesia, Syamsuddin Alimsyah mengungkapkan kualitas pendidikan di Kota Makassar terus merosot.

Hal tersebut ia sampaikan di hadapan Wali Kota Makassar, Danny Pomanto di Baruga Anging Mammiri, Kamis (29/9/2016).

Menurut Syamsuddin, kualitas pendidikan di Makassar berada di bawah Kabupaten Jeneponto. Padahal, Jeneponto sebelumnya masuk dalam kategori daerah tertinggal. Namun, kini bisa menyalip Makassar.

Berbagai aspek yang menjadi bahan penilaian kopel, mulai dari sarana, peningkatan anggaran, dan jumlah siswa miskin yang bisa menyandang pendidikan di sekolah negeri.

"Makassar 2012 sampai sekarang nampak terjun bebas, makanya kami sampaikan kepada Wali Kota untuk merubah sistem yang ada dilapangan,"ujarnya.

Tak hanya itu, Kopel Indonesia juga menyoroti sebagian guru di Kota Makassar yang terlena akan tunjangan sertifikasi. Dimana, dari temuan Kopel Indonesia, tunjangan sertifikasi guru hanya dipakai untuk kredit mobil.

Padahal di lapangan masih banyak guru yang belum memiliki kualitas memadai, termasuk kecakapan dalam penggunaan teknologi maupun kemampuan berbahasa Inggris. Mereka juga dinilai belum memahami dengan baik terkait pendidikan karakter.

Dari data Dinas Pendidikan Makassar tahun 2016, jumlah guru tersertifikasi di Kota Makassar mencapai 12 ribu orang. Mereka dibayar dengan satu bulan gaji pokok, yang dibayarkan per triwulan.

 "Coba cek di pembiayaan. Banyak tuh," ujarnya sembari tersenyum.

Halaman
12
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved