Unhas Target 1.000 Artikel Terindeks Scopus Akhir Tahun 2016

Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA yang memimpin prosesi Wisuda PPs tersebut mengukuhkan 1.005 orang lulus.

Unhas Target 1.000 Artikel Terindeks Scopus Akhir Tahun 2016
CITIZEN REPORTER
Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Wisuda Program Pascasarjana (PPs) di Baruga AP Pettarani Unhas Kampus Tamalanrea, Kamis (9/9/2016).

Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA yang memimpin prosesi Wisuda PPs tersebut mengukuhkan 1.005 orang lulus.

Lulusa PPs yang dikukuhkan tersebut terdiri atas 55 orang Doktor dari berbagai program studi, 549 orang Magister, 24 orang Dokter Spesialis, 3 orang Dokter Gigi Spesialis, dan 374 orang lulusan Profesi.

Prof Dwia mengatakan dilihat dari masa studi, doktor rata-rata menyelesaikan pendidikan empat tahun tiga bulan, magister dua tahun enam bulan, pendidikan dokter spesialis lima tahun sembilan bulan, dan program pendidikan dokter gigi spesialis empat tahun.

Pada periuode wisuda kali ini empat lulusan doktor menyelesaika studinya kurang dari tiga tahun. Bahkan untuk program magister terdapat 401 dari 549 orang lulusan atau 73 persen menyelesaikan studi kurang dari dua tahun.

Prof Dwia percaya bahwa Unhas mampu menghasilkan ilmuan muda yang memiliki masa produktif lebih panjang dengan melihat pendeknya rata-rata masa studi lulusan doktor.

"Dengan demikian kinerja penelitian dan publikasi ilmiah akan semakin membaik. Kinerja dalam aspek ini telah menjadi perhatian Kemenristek Dikti, khususnya terhadap institusi yang telah menjadi PTN Badan Hukum," kata Prof Dwia.

Peningkatan jumlah publikasi Unhas yang terindeks SCOPUS telah menunjukkan kinerja yang sangat baik. Januari 2014 jumlah publikasi hanya 498 artikel naik menjadi 964 artiket per 1 September 2016, atau naik dua kali lipat.

"Saya yakin mampu mencapai 1.000 artikel terindeks SCOPUS pada akhir tahun 2016. Target ini akan lebih gampang lagi dicapai jika partisipasi mahasiswa Program Pascasarjana, PPDS, dan PPDGS Unhas kian maksimal," kata Prof Dwia optimis.

Penulis: Hasrul
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved