Tips Sehat

Cara Membuang Garam Berlebih dalam Tubuh

Sering mengonsumsi makanan tinggi garam dapat menimbulkan kembung, sakit kepala, hingga meningkatkan risiko maag

Cara Membuang Garam Berlebih dalam Tubuh
KOMPAS.COM
Ilustrasi makanan tinggi garam 

TRIBUN-TIMUR.COM -Sering mengonsumsi makanan tinggi garam seperti keripik, makanan cepat saji, pasta keju, dan sebagainya, dapat menimbulkan kembung, sakit kepala, hingga meningkatkan risiko maag akibat tubuh terlalu banyak mengolah natrium.

Walau begitu, Anda tak bisa hanya berdiam diri terhadap efek terlalu banyak makan garam ini. Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk membantu tubuh membuang garam lebih cepat sebelum menimbulkan efek buruk di dalam tubuh.

Konsumsi makanan kaya kalium

Elektrolit seperti kalium akan membantu ginjal membersihkan kelebihan garam. Anda bisa mengonsumsi buah segar dan sayuran yang mengandung tinggi kalium. Pisang, stroberi, sayuran hijau, melon, buah jeruk, semua itu adalah sumber kalium.

Pastikan Anda memakan beberapa makanan ini usai menikmati makanan tinggi garam, untuk membantu menyingkirkan efek buruk garam lebih cepat.

Bergerak lebih sering

Bahkan jika Anda tidak berkeringat, bergerak aktif dapat memudahkan tubuh memecah garam dan membuangnya.

Menggunakan energi akan membawa kelebihan garam bergerak keluar dari tubuh, ketimbang duduk di meja kerja atau sofa. Putuskanlah untuk berjalan-jalan atau melakukan peregangan, setidaknya 10 menit setelah makan siang tinggi garam.

Tetap terhidrasi

Cara terbaik lainnya untuk membuang kelebihan garam dengan cepat ialah minum air putih lebih sering. Agar tak kembung, tambahkan perasa dengan tetesan jeruk lemon, yang juga bermanfaat untuk membantu menyingkirkan racun-racun.

Penambahan irisan jahe atau lemon juga efektif untuk meredakan kembung yang muncul karena terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam dan lemak.

Berita ini sebelumnya terbit di Kompas.com dengan judul 3 Cara Bersihkan Tubuh dari Asupan Garam Berlebih. (*)

Editor: Suryana Anas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved