Satpol PP Amankan 30 Siswa Bolos di Maros

Edi Burhan mengatakan, siswa gabungan dari SMP Pergis, SMA PGRI, SMP 1 Turikale dan SMP DDI Maros tersebut diamankan pukul 9.00 wita.

Satpol PP Amankan 30 Siswa Bolos di Maros
TRIBUN TIMUR/ANSAR
Sebanyak 30 siswa dari SMP dan SMA di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan duduk dilantai kantor Satpol PP Jl Nasrum Amrullah untuk didata identitas dan sekolahnya setelah diamankan lantaran bolos dan berkeliaran saat waktu belajar. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN-TIMUR.COM, MAROS - Sebanyak 30 siswa dari SMP dan SMA di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan diamankan oleh Satpol PP lantaran bolos dan berkeliaran saat waktu belajar, Senin (29/8/2016).

Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Maros, Edi Burhan mengatakan, siswa gabungan dari SMP Pergis, SMA PGRI, SMP 1 Turikale dan SMP DDI Maros tersebut diamankan pukul 09.00 wita.

"Semua kami amankan pas jam sembilan. Ada yang diamankan saat main game di warnet jalan Taqwa dan nongkrong di warung sekitar Yapim, di depan geraja Sanrima, taman kota dan Kassi Kebo," ujarnya.

Saat kedapatan, beberapa siswa di antaranya lagi asyik merokok. Padahal masih berseragam sekolah. Siswa tersebut mengaku tidak belajar, makanya bolos sekolah.

Siswa langsung digiring ke kantor Satpol PP Jl Nasrum Amrullah Maros. Satpol juga sudah menghubungi orangtua masing- masing siswa supaya datang menjemput anaknya.

"Kami panggil orangtuanya masing- masing, supaya dia lihat kelakuan anaknya yang suka bolos saat jam belajar. Jika tidak dijemput, kami tahan ini anak sampai orangtuanya datang," ujarnya.

Edi mengaku memilih memanggil langsung orangtua dibanding guru dengan harapan, anaknya tidak mengulangi perbuatannya. Pasalnya, beberapa waktu lalu, Satpol memanggil guru siswa, namun masih saja ada yang berkeliaran.

Setiap siswa dibuatkan surat pernyataan supaya tidak mengulangi perbuatannya lagi. Jika kedapatan kedua kalinya, Satpol langsung berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Maros.

"Semua siswa dibuatkan surat pernyataan. Jika mengulagi perbuataanya lagi, kami akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan supaya diberikan sanksi pemecatan saja," ujarnya.

Untuk meminimalisir siswa bolos khususnya di Turikale, Satpol PP menggelar operasi rutin yang menyasar pelajar bolos. Siswa yang berada di luar sekolah saat waktu pelajaran, harus mengantongi surat izin dari sekolah.(*)

Penulis: Ansar
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved