Hukuman Mati

Tahap-tahap Eksekusi Mati di Indonesia, Dimulai Pakaian Bersih, Ada Tanda Hitam

11. Terpidana diberi kesempatan terakhir untuk menenangkan diri paling lama tiga menit dengan didampingi seorang rohaniawan.

Tahap-tahap Eksekusi Mati di Indonesia, Dimulai Pakaian Bersih, Ada Tanda Hitam
Kompas.com/Irwan Nugraha
Beberapa kendaraan mulai keluar seusai pelaksanaan eksekusi mati di Pelabuhan Wijayapura, Nusakambangan, Jumat (29/7/2016) dini hari. 

TRIBUN-TIMUR.COM- Mengacu pada Peraturan Kepala Kepolisian RI No.12 Tahun 2010 tentang tata cara pelaksanaan pidana mati, eksekusi mati di Indonesia dilakukan dengan empat tahap.

Empat tahap: persiapan; pengorganisasian; pelaksanaan; dan pengakhiran.  [Baca juga: Haris Azhar Hubungi Staf Presiden Sebelum Ungkap Kesaksian Freddy Budiman]

Dikutip dari hukumonline, tahap pelaksanaan eksekusi dibagi menjadi 28 kegiatan yang rinciannya sebagai berikut:

1. Terpidana diberikan pakaian yang bersih, sederhana, dan berwarna putih sebelum dibawa ke tempat atau lokasi pelaksanaan pidana mati.

2. Pada saat dibawa ke tempat atau lokasi pelaksanaan pidana mati, terpidana dapat didampingi oleh seorang rohaniawan.

3. Regu pendukung telah siap di tempat yang telah ditentukan, dua jam sebelum waktu pelaksanaan pidana mati.

4. Regu penembak telah siap di lokasi pelaksanaan pidana mati, satu jam sebelum pelaksanaan dan berkumpul di daerah persiapan.

5. Regu penembak mengatur posisi dan meletakkan 12 pucuk senjata api laras panjang di depan posisi tiang pelaksanaan pidana mati pada jarak 5-10 meter dan kembali ke daerah persiapan.

6. Komandan Pelaksana melaporkan kesiapan regu kepada Jaksa Eksekutor dengan ucapan "Lapor, pelaksanaan pidana mati siap";

7. Jaksa Eksekutor mengadakan pemeriksaan terakhir terhadap terpidana mati dan persenjataan yang digunakan untuk pelaksanaan pidana mati.

Halaman
123
Editor: Ilham Mangenre
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved