Kecelakaan di Tikungan 12, Pebalap Moto2 Luis Salom Tewas di Catalunya

Salom tengah menjalani sesi latihan bebas kedua Moto2 ketika insiden terjadi.

Kecelakaan di Tikungan 12, Pebalap Moto2 Luis Salom Tewas di Catalunya
JOSEP LAGO/AFP
Pebalap Moto2 dari tim SAG asal Spanyol, Luis Salom, dirawat oleh tim medis setelah mengalami kecelakaan di tikungan 12 Sirkuit de Barcelona-Catalunya pada sesi latihan bebas kedua GP Catalunya, Jumat (3/6/2016). 

TRIBUN-TIMUR.COM, CATALUNYA -Pebalap Moto2 asal Spanyol, Luis Salom, tewas setelah mengalami kecelakaan di tikungan 12 Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Jumat (3/6/2016).

Salom tengah menjalani sesi latihan bebas kedua Moto2 ketika insiden terjadi. Dia terjatuh sendirian. Namun, belum ada pernyataan resmi tentang penyebab kecelakaan tersebut.

Salom mendapat perawatan yang cukup lama di sisi lintasan setelah kecelakaan. Helikopter medis pun didatangkan untuk mempermudah proses perawatan sang rider.

Pebalap 24 tahun tersebut lalu dibawa ke rumah sakit terdekat di Barcelona dengan menggunakan ambulans.

Setelah tidak ada kabar untuk sekian waktu, muncul pernyataan resmi dari Race Direction bahwa pebalap kelahiran 7 Agustus 1991 tersebut telah meninggal dunia.

"Akibat kecelakaan saat menjalani sesi latihan bebas kedua Moto2 di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, dengan kesedihan mendalam, kami mengabarkan meninggalnya Luis Salom (SAG Team)."

"Karena kondisinya yang parah, diputuskan untuk membawa Salom lewat darat ke rumah sakit terdekat, Hospital General de Catalunya. Saat tiba, dia langsung dioperasi, tetapi meskipun tim medis sudah melakukan yang terbaik, dia meninggal pada pukul 16.55 waktu setempat."

"FIM, Dorna, IRTA, dan RFMW, dan Circuit de Barcelona-Catalunya menyatakan dukacita mendalam kepada keluarga, teman, dan tim Salom."

Tempat Salom terjatuh merupakan tikungan kedua terakhir sirkuit ini untuk balapan motor. Sementara itu, untuk balapan Formula 1, masih ada satu tikungan lagi setelahnya, sebelum yang terakhir.

Kejadian yang menimpa Salom ini merupakan kecelakaan tragis pertama di grand prix sejak yang dialami Marco Simoncelli (italia) di Sirkuit Sepang (Malaysia) pada 2011.

Shoya Tomizawa (Jepang) yang mengalami kecelakaan pada 2010 merupakan satu-satunya pebalap Moto2 yang meninggal akibat kecelakaan sebelum kejadian yang menimpa Salom ini. (Kompas.com)

Editor: Suryana Anas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved