MIWF 2016

Eka Kurniawan Gelisah Malaysia Terjemahkan Karya Indonesia ke Bahasa Melayu

Pasalnya, jika karya penulis Indonesia diterjemahkan dalam bahasa Melaya maka akan ada nilai dari tulisan aslinya akan hilang.

Eka Kurniawan Gelisah Malaysia Terjemahkan Karya Indonesia ke Bahasa Melayu
TRIBUN TIMUR/HASRUL
-Penulis Indonesia, Eka Kurniawan turut meramaikan kegiatan tahunan Makassar Internasional Writers Festival (MIWF) 2016 di Fort Retterdam Makassar, Jumat (20/5/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Penulis dan komikus kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, Eka Kurniawan menyampaikan kegelisahannya melihat banyaknya karya Indonesia yang diterjemahkan dalam Bahasa Melayu.

Hal tersebut ia sampaikan pada sesi diskusi di Benteng Rotterdam dalam rangkaian acara Makassar Internasional Writers Festival (MIWF) 2016, Jumat (20/5/2016).

Menurutnya, karya penulis Indonesia seharusnya tidak diterjemahkan kedalam bahasa Melayu. Pasalnya, jika karya penulis Indonesia diterjemahkan dalam bahasa Melaya maka akan ada nilai dari tulisan aslinya akan hilang.

"Membaca berdasarkan bahasa aslinya akan jauh lebih baik dari pada diterjahkan dalam bahasa Melayu begitupun sebaliknya," kata penulis yang  meraih penghargaan World Readers.

Menurutnya, Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu memiliki kesamaan dan perbedaan, sehingga jika karya penulis masing-masing menggunakan bahasa aslinya maka akan memberikan penguatan pada masing-masing bahasa.

"Penerbit buku di Malaysia ramai-ramai menerjemahkan karya orang Indonesia ke dalam Bahasa Melayu, sementara tidak satu pun penerbit di Indonesia menerjemahkan karya orang Malaysia ke bahasa Indonesia. Situasi ini akan membuat kita tertinggal 10 tahun akan datang," ungkap penulis novel Cantik Itu Luka ini.

Ia pun khawatir, jika situasi ini terus berlanjut maka 10 tahun ke depan, Indonesia akan tertinggal jauh dari Malaysia khususnya dalam dunia literasi.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved