Jusuf Kalla di Makassar

Jusuf Kalla Launching Kantong Plastik Berbayar Besok, Harganya Rp 15 Ribu

Selain itu, JK juga dijadwalkan menyerahkan secara simbolis kartu IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil) kepada 8 pengusaha sampah.

Penulis: Saldy Irawan | Editor: Ina Maharani
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Konsumen membawa barang yang telah dibeli menggunakan kantong plastik di Lotte Mart Mall Panakukang, selasa (24/2/2016). Pemerintah mulai menguji coba penerapan kantong plastik berbayar di ritel modern secara serentak di 17 kota Indonesia dengan pembayaran Rp200 per kantong plastik.tribun timur/muhammad abdiwan 

Laporan wartawan Tribun Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bersama 12 menteri kabinet kerja Jokowi - JK, serta Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok), dan 22 wali kota se-Indonesia dijadwalkan berada di Makassar, Jumat (4/3/2016) besok..

Asisten 1 Pemkot Makassar M Sabri , Kamis (3/3/2016) mengatakan para menteri yang sudah dipastikan hadir diantaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Anak Agung Gede Puspayoga, Menteri Kemaritiman RI Rizal Ramli, Menteri Perdagangan RI Thomas Trikasi Lembong, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Keberadaan Jusuf Kalla serta rombongan di Makassar berkaitan dengan perhelatan launching Integrasi Bank Sampah ke UKM, dan launching Kantong Plastik Berbayar

Selain itu, JK juga dijadwalkan menyerahkan secara simbolis kartu IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil) kepada 8 pengusaha sampah.

Acara ini diketahui akan berlangsung di Celebes Convention Center (CCC).

Terkait dengan kantong berbayar, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 1.000 eksamplar kantong.

"Untuk sementara ituji dulu, nanti kita akan tambah," katanya.

Kantong berbayar ini nantinya akan disebar ke Mall, dan Supermaket.

Danny mengatakan kantong ini akan dikomersilkan atau dijual dengan harga Rp 15 ribu.

Adapun perhelatan lain di Hari Peduli Sampah Nasional di CCC juga dilaksanakan penyerahan KUR kepada komunitas Bank Sampah di kelurahan.

Tercatat ada 205 Bank Sampah di Makassar.

Tahun ini, kata Danny, Pemerintah kota (Pemkot) Makassar menargetkan 330 bank sampah, dari 250 jumlah bank sampah yang tersedia.

Menurutnya, manfaat bank sampah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dengan berbagai program yang menyertainya seperti sampah tukar beras, sampah tukar voucher listrik, sampah tukar air galon di kepulauan, dan sampah tukar gas 3 kg.

Selain itu, Wapres JK akan disuguhi simulasi penimbangan sampah tukar beras, proses menjadi nasabah bank sampah dan siteplan TPA Bintang 5 yang berlokasi di TPA Tamangapa.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved