VIDEO: GM TPM Berterima Kasih ke Syahrul Yasin Limpo

Dalam hal Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang mendukung program direct call atau pengiriman barang dari luar negeri langsung ke pelabuhan Makassa

Laporan Wartawan Tribun Timur, Rasni Gani

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - General Manager (GM) PT Terminal Petikemas Makassar (TPM), Basir, berterima kasih kepada pihak pemerintah provinsi Sulsel yang mendukung gebrakan dari pihak pengelola TPM dalam hal ini PT Pelindo IV.

Dalam hal Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang mendukung program direct call atau pengiriman barang dari luar negeri langsung ke pelabuhan Makassar dan sebaliknya.

"Terima kasih kepada pihak Gubernur Sulsel yang dengan tanggap mendukung kami dalam meningkatkan jalur kapal internasional di pelabuhan Makassar ini. Hal ini sejalan dengan target pemeritah meningkatkan jumlah impor dan ekspor tiga kali lipat dari biasanya," katanya Basir saat ditemui di kantornya, Jl Soekarno Hatta, Makassar, Selasa (16/2).

Kata dia salah satu segmen pendongkrak arus perikemas nantinya datang dari petikemas untuk komoditi ekspor dan impor.

"Arus peti kemas untuk kebutuhan ekspor dan impor hanya sekitar enam persen. Pembagiannya lima persen ekspor dan satu persen impor. Angka ini yang akan didongkrak. Ekpor bisa naik menjadi 10 persen dan impor menjadi lima persen," katanya saat ditemui di kantornya, Jl AP Soekarno Hatta, Makassar.

Jika dikalkulasikan, saat ini peti kemas yang dikirim ke luar negeri melalui pelabuhan Makassar 28 ribu TEUs 2015 ditarget menjadi 56 ribu TEUs tahun 2015.
Sementara kontainer impor dari 5.600 TEUs 2015 naik menjadi 11.200 TEUs tahun 2016 mendatang.

"Beberapa tahun lalu, hanya ada satu perusahan dan satu tujuan yakni negara Dili. Sekarang sudah bertambah satu perusahaab lagi yang menyasar tiga negara yakni Korea Selatan, Jepang, dan Hongkong," katanya.

Penulis: Rasni
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved