FIKP Unhas Jadi Tempat Pelaksanaan Uji Kompetensi Bidang Kelautan dan Perikanan

Untuk bidang kelautan dan perikanan

FIKP Unhas Jadi Tempat Pelaksanaan Uji Kompetensi Bidang Kelautan dan Perikanan

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menjadi Tempat Uji Kompetensi (UK) bagi profesi yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan, khususnya untuk profesi bidang penangkapan ikan, budidaya perairan, pengelolaan hasil perikanan, dan bidang kelautan.

Hal tersebut diungkapkan, Herry Maryuto, Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan-Perikanan (LSP-KP) ketika ditemui seusai melakukan verifikasi sejumlah persyaratan tempat UK di FIKP Unhas Makassar.

Salah satu alasan memilih FIKP Unhas sebagai tempat uji kompetensi untuk bidang kelautan dan perikanan adalah karena kapasitas SDM di FIKP ini sudah memenuhi syarat dan lumayan lengkap keahliannya untuk kebutuhan profesi kelautan dan perikanan.

“Untuk profesi kelautan lainnya yang belum bisa disertifikasi di FIKP nantinya akan dicari di tempat lain, seperti di industri perikanan atau kampus lain yang memenuhi syarat,” jelas Herry, Rabu (3/2/2016).

Herry, menambahkan sudah ada 43 tempat UK di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Marauke yang nantinya akan melayani pemberian sertifikasi berbagai macam profesi yang akan bekerja di tanah air.

“Pemberian serifikasi ini sangat penting dilakukan terhadap pekerja sebagai bentuk legalisasi dan pengakuan akan kompetensi seorang pekerja akan keahlian dibidangnya,” jelas Herry.

Herry, mencontohkan beberapa profesi dibidang kelautan perikanan yang harus disertifikasi menghadapi era Masarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah Budidaya Perikanan, penangkapan ikan, mesin kapal ikan, pengolahan hasil perikanan, penyuluhan perikanan, dan konservasi perairan.

“Profesi kelautan dan perikanan yang disertifikasi ini baru identifikasi awal yang kami lakukan, tidak menutup kemungkinan profesi lainnya yang terkait dengan kelautan perikanan juga akan disertifikasi. Yang penting ada standar-standar mutunya ditetapkan,” uajrnya.

Dekan FIKP Unhas Makassar, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc, menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan Perikanan (LSP-KP).

“Hadirnya LSP di FIKP menunjukkan bahwa FIKP Unhas memiliki kualitas, karena sertifikat profesi ini sangat penting dan memiliki standar-standar kualitas internasional, tidak mudah sebuah lembaga diberi kepercayaan untuk memberikan sertifikasi,” jelas Dekan FIKP ini. (*)

Penulis: Hasrul
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved