"Kartu Hijau" di Dunia Sepak Bola Mulai Diberlakukan

Untuk meningkatkan fair play selama pertandingan.

DOKUMEN MIRROR
Ilustrasi kartu hijau. 

TRIBUN-TIMUR.COM -Laga Spezia versus Bari pada lanjutan pertandingan Serie B, Jumat (15/1/2016) malam, akan tercatat dalam sejarah sepak bola Italia, bahkan dunia. Pasalnya, laga yang berlangsung di Stadio Alberto Picco ini akan diwarnai debut penggunaan kartu hijau.

Selama ini, wasit dalam sebuah pertandingan sepak bola hanya menggunakan dua kartu untuk menghukum pemain, yakni kuning dan merah. Serie B membuat sebuah terobosan dengan memperkenalkan kartu hijau, untuk meningkatkan fair play selama pertandingan.

Namun, menurut Gazzetta dello Sport, kartu tersebut tidak akan diberikan selama pertandingan atau hanya virtual. Meskipun demikian, pemain yang berlaku fair play, seperti membantu wasit atau bahkan mengaku melakukan diving di kotak penalti, tetap berhak mendapatkannya.

Presiden Serie B, Andrea Abodi, mengatakan: "Ini penghargaan simbolik. Ini bisa menjadi hal yang sangat sederhana. Hal yang penting adalah memperkenalkan fair play. Ini hanya satu bagian dari rangkaian inisiatif di dalam dan di luar lapangan. Yang utama adalah rasa hormat karena dari sinilah muncul kartu hijau dalam permainan."

Pengenalan kartu hijau ini merupakan inisiatif organisasi wasit Italia dengan tujuan mengubah citra sepak bola negara tersebut. Di samping itu, mereka ingin memotivasi pemain agar mempromosikan perilaku yang baik di lapangan.

Pada setiap akhir bulan, liga akan mengumumkan daftar para pemain yang mendapatkan kartu hijau. (*)

Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved