Pilkada Gowa

Ketua PPS Kanjilo dan Lima KPPS di Gowa Divonis Enam Bulan Penjara

Putusan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum

Ketua PPS Kanjilo dan Lima KPPS di Gowa Divonis Enam Bulan Penjara
TRIBUN TIMUR/WA ODE NURMIN
Hakim Pengadilan Negeri Sungguminasa memvonis ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kanjilo dan lima KPPS di lima TPS, dengan hukuman enam bulan penjara dan denda Rp 6 juta. Pembacaan vonis ini berlangsung Senin (4/1/2015), dengan hakim ketua oleh Mochammad Djoenaedi. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA- Hakim Pengadilan Negeri Sungguminasa memvonis ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kanjilo dan lima KPPS di lima TPS, dengan hukuman enam bulan penjara dan denda Rp 6 juta.

Pembacaan vonis ini berlangsung Senin (4/1/2015), dengan hakim ketua oleh Mochammad Djoenaedi.

Putusan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum, yang awalnya menuntut 1 tahun penjara dan denda Rp 10 juta.

Keenam terdakwa ini terbukti secara sah bersalah dan meyakinkan membuka kotak suara dan mengambil model C1 Kwk yang seharusnya berada diluar bukannya didalami kotak, sesuai dengan pasal 193 ayat 5 KUHP.

Dalam pledoi para terdakwa sebelumnya, mengaku jika mereka hanya melakukan atas perintah Ketua PPS untuk mengambil model C1 Kwk, dan sama sekali tidak melakukan perubahan atas hasil. Mereka juga mengaku bingung dan tidak mengetahui pasti apa yang harus disimpan didalami kotak dan form apa yang harus disimpan diluar kotak.

Keenam terdakwa hanya bisa pasarah. Menurut kuasa hukum terdakwa, Marhumah Majid, kliennya hanya korban dari ketidaktahuan. Bahkan ia menganggap proses bimbingan teknis yang dilakukan KPU dinilai kurang sehingga banyak anggota KPPS maupun PPS yang tidak paham benar mekanisme.

"Mereka hanya ikut bimtek sekali, bahkan ada yang tidak pernah ikut bimtek," ujar Marhumah usai persidangan.

Bahkan salah satu terdakwa, Thamrin tidak pernah mengikuti bimtek lantaran memiliki kesibukan, sedangkan yang bersangkutan didesak untuk menjadi ketua KPPS.

Lebih lanjut terkait proses banding, ia menyebutkan masih akan berkoordinasi dengan semua kliennya, sehingga belum bisa mengambil langkah hukum selanjutnya.

1. Ketua PPS Desa Kanjilo, Hamka Bin Hamjuddin (32) honorer PU Gowa
2. KPPS, Muh Thamrin Bin Tajuddin (35) karyawan swasta
3. KPPS, Abdul Rahman Daeng Ngempo Bin Talli (48) buruh harian
4. KPPS, Sakri Daeng Sijaya Bin Paya Daeng Lewat (45) petani
5. KPPS, Saiful alias Ipul Bin Daeng Bali (32) wiraswasta
6. KPPS, Lesti Padmi Binti Yatino (49)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved