Chen Long Jadi Pebulu Tangkis dengan Pendapatan Tertinggi, Carolina Marin Kedua

Dengan pendapatan tertinggi sebesar 298.413 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar (Rp 4,17 miliar).

AFP PHOTO/SCANPIX DENMARK/NILS MEILVANG/DENMARK OUT
Pemain tunggal putra Tiongkok, Chen Long 

TRIBUN-TIMUR.COM -Bukan hal yang mengejutkan jika pemegang peringkat pertama dunia tunggal putra, Chen Long (China), menjadi pebulu tangkis dengan pendapatan tertinggi tahun 2015.

Chen memang tak mendapat uang hadiah pada turnamen BWF Super Series Finals 2015 karena gagal menjadi juara. Akan tetapi, ia menutup 2015 dengan pendapatan tertinggi sebesar 298.413 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar (Rp 4,17 miliar).

Jumlah tersebut lebih besar 50.000 dollar AS dari pebulu tangkis China lainnya, Zhao Yunlei, yang meraih jumlah hadiah terbesar pada 2014.

Perolehan tersebut tidak memperhitungkan pendapatan yang berasal dari sponsor dan gaji sebagai pemain tim atau dari liga profesional lainnya.

Pebulu tangkis Spanyol, Carolina Marin, berada di tempat kedua sebagai pebulu tangkis dengan pendapatan tertinggi setelah membawa pulang 226.508 dollar AS (sekitar Rp 3,17 miliar).

Tempat berikutnya diisi tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei. Meskipun sempat absen selama lebih dari enam bulan, ia telah mengumpulkan uang hadiah sebesar 116.000 dollar AS pada 2015 (sekitar Rp 1,62 miliar). Lee meraih gelar pada tiga superseries terakhir untuk menambah pendapatannya tahun ini.

Nilai hadiah yang diberikan kepada pebulu tangkis dunia memang masih jauh jika dibandingkan nilai yang diraih para petenis dunia. Padahal, nilai hadiah para pebulu tangkis pada 2015 telah dinaikkan dibanding tahun sebelumnya.

Total pendapatan Chen sebagai juara sepanjang 2015 "hanya" mencapai sekitar 1,5 persen dari total pendapatan petenis nomor satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic, pada periode yang sama. (Delia Mustikasari)

Editor: Suryana Anas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved