Jangan Sampai Tertipu, Ada Diskon Palsu di Hari Belanja Online Nasional

Hari Belanja Online Nasional yang digelar oleh beberapa toko online di Indonesia menampilkan harga diskon yang tidak wajar.

Jangan Sampai Tertipu, Ada Diskon Palsu di Hari Belanja Online Nasional
Sebuah ponsel didongkrak harga awalnya hingga Rp 25 juta, kemudian didiskon 93 persen ke harga Rp 1,8 juta. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Hari Belanja Online Nasional yang digelar oleh beberapa toko online di Indonesia menampilkan harga diskon yang tidak wajar.

Walau pada kenyataannya diskon yang diberikan memang mencapai 99 persen dari harga yang ditawarkan, namun harga yang ditawarkan tersebut ternyata telah dinaikkan berkali-kali lipat.

Pantauan KompasTekno pada Jumat (11/12/2015), di toko online Lazada, peranti smartphone LG Leon 8 GB dijual dengan harga diskon 93 persen menjadi hanya Rp 1,8 jutaan saja.

Jika dicermati lebih lanjut, Lazada bisa memberikan diskon hingga 93 persen karena harga dasar smartphone Android 4,5 inci dengan RAM 1 GB dan penyimpanan internal 8 GB itu telah dinaikan menjadi Rp 25 juta.

Padahal jika dilogika, smartphone Android dengan RAM 1 GB dan prosesor quad-core 1,2 GHz tidak sampai semahal itu.

Lucunya, saat KompasTekno meng cross-check di situs Erafone, harga jual LG Leon justru lebih murah dari harga setelah diskon di Lazada, yaitu Rp 1,699 juta.

Harga yang tidak wajar ini juga berlaku pada produk kategori lain, seperti popok bayi yang harganya mencapai Rp 130 juta, lalu didiskon 100 persen menjadi hanya Rp 93.000-an saja.

[Sebuah popok disebut memiliki harga asli Rp 130 juta lebih, lalu mendapat diskon "Harbolnas" hampir 100 persen.]

Hal yang serupa, namun dengan angka yang tidak sefantastis itu, juga terjadi di situs belanja Matahari Mall. Contohnya, kamera GoPro Hero 4 Session harganya dinaikkan menjadi Rp 7 juta kemudian diberi diskon 30 persen, sehingga harga yang harus dibayar pembeli menjadi hanya Rp 4,9 juta.

Padahal di situs jual beli kamera Focus Nusantara, harga GoPro Hero 4 Session pasarannya memang Rp 4,99 juta. Jadi sebenarnya harga yang dijual adalah harga normal, bukan harga diskon.

 

[Diskon palsu di Hari Belanja online Nasional, harga GoPro Hero 4 Session di situs MatahariMall.com dengan diskon 30 persen, sama dengan harga di Focus Nusantara.]

Memang, tak semua situs yang menjalankan promosi Harbolnas disusupi oleh diskon-diskon palsu seperti itu. Dan, perlu dicatat, banyak juga barang di Lazada, Matahari Mall dan toko online lainnya yang memang sungguh-sungguh didiskon besar pada Harbolnas kali ini.

Sejauh ini, belum diketahui siapa pihak-pihak tak bertanggungjawab yang memanfaatkan momentum Harbolnas untuk mengelabui konsumen seperti itu. 

Jadi, apa yang bisa dilakukan konsumen? Tentunya, jangan mudah tergiur dengan diskon besar yang ditawarkan di Hari Belanja Online Nasional tahun ini.

Sebelum membeli, pastikan Anda telah cek harga pasarnya dengan mencari informasi di situs resmi atau situs belanja lain. Setelah itu, baru putuskan apakah memang barang tersebut mau dibeli atau tidak.(wicak hidayat)

Editor: Edi Sumardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved