Breaking News:

Kejari Sengkang Tetapkan Dua Tersangka Korupsi

Mereka adalah Kepala Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama milik Pemkab Wajo, berinisial SS dan Pejabat Pengelolaan Keuangan Puskesmas Tanasitolo, HS.

Laporan Tribun Timur Abdul Aziz Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, WAJO- Penyidik tindak pidana korupsi (Tipikor) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sengkang menetapkan dua tersangka dugaan tindak pidana korupsi Puskesmas Tanasitolo, Wajo, Kamis (10/12/2015).

Mereka adalah Kepala Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama milik Pemkab Wajo, berinisial SS dan Pejabat Pengelolaan Keuangan Puskesmas Tanasitolo, HS.

"Keduanya ditetapkan pada hari anti korupsi sedunia," ungkap Kasi Intel Kejari Sengkang, Greafik, Kamis (10/12/2015).

Greafik menjelaskan, penetapan ke dua tersangka ini, setelah dilakukan ekspose penyidik, Selasa (8/12/2015) kemarin. Menurutnya, dan hasil ekspose tersebut, penyidik sepakat bahwa telah terjadi tindak pidana korupsi di Puskesmas Tanasitolo terhadap pengelolaan dana kapitasi untuk tahun 2014 lalu.

"Modus operandinya adalah dengan tidak menyalurkan dana kapitasi yang diperuntukkan bagi perawat dan bidan," kata Greafik.

Bahkan kedua tersangka kata Grefik tidak memberikan hak cleaning service dengan status sebagai tenaga sukarela atau non Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Puskesmas Tanasitolo. Namun bukti penerimaan dana itu dibuat seolah-olah telah ditanda tangani oleh para pihak yang seharusnya menerima dana kapitasi tersebut.

"Selain itu, terdapat dugaan penggelapan dana kapitasi yang menimbulkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 115 juta sesuai dengan hasil audit investigasi BPKP perwakilan Propinsi Sulsel," ungkap Greafik.

Greafik menambahkan, penyidik telah mengumpulkan setidaknya 50 keterangan saksi, alat bukti, surat berupa dokumen, serta keterangan ahli dan saat ini dalam tahap perampungan berkas perkara guna kepentingan penuntutan kelak di pengadilan tindak pidana korupsi Makassar

Penulis: Abdul Azis
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved