Stan UMI Ramai Dikunjungi Siswa di Timor Leste

Indonesia Education Fair 2015 bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat di Timor Lesta tentang universitas yang ada di Indonesia

Stan UMI Ramai Dikunjungi Siswa di Timor Leste
CITIZEN REPORTER
UMI Mengikuti Indonesia Education Fair 2015 di Timor Leste 

Farid Yusuf

Kabag. Pemberitaan Humas UMI

melaporkan dari  Timor Leste

TRIBUN-TIMUR.COM-Sebanyak 15 perguruan tinggi negeri dan swasta memenuhi undangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi kerjasama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili Timor Leste untuk mengikuti Indonesia Education Fair 2015, yang berlangsung 10-11 November 2015 di Timor Plaza, Dili, Timor Leste.

Perguruan tinggi yang ikut didominasi dari pulau Jawa, dari kawasan timur Indonesia, khususnya Sulawesi hanya dikuti 2 perguruan tinggi, yaitu Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan Universitas Halu Oleo Kendari.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste, M. Primanto Hendrasmoro mengatakan, Indonesia Education Fair 2015 bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat di Timor Lesta tentang universitas yang ada di Indonesia, karena setiap tahun masyarakat Timor Leste yang akan melanjutkan pendidikan di Indonesia makin meningkat.

Di samping itu, lanjut Primanto, kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama dibidang pendidikan tinggi kedua negara, khususnya mendorong terbentuknya networking yang menghubungkan antara kedua negara, dan dapat menjadi wadah pertukaran informasi antar industri pendidikan tinggi di Indonesia dan Timor Leste.

Kegiatan Indonesia Education Fair ini juga diisi dengan dialog tentang sistem pendidikan di Indonesia, dan masalah keimigrasian di Indonesia, demi membantu dan memudahkan masyarakat Timor Leste untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia, ungkap Dubes RI untuk Timor Leste Primanto Hendrasmoro.

Sementara itu, Menko Sosial dan Pendidikan Timor Leste, Antonio da Conceicao saat melakukan kunjungan dan berdialog dengan peserta Indonesia Education Fair mengatakan, pemerintah Timor Leste mengucapkan terima kasih kepada semua peserta Indonesia Education Fair, karena telah membantu memberikan informasi kepada masyarakat Timor Leste, khususnya yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap tahun, supaya makin banyak masyarakat Timor Leste menerima informasi langsung dari universitas yang ada di Indonesia”, ungkap Antonio.

Saat Menko Sosial dan Pendidikan Timor Leste Antonio da Conceicao mengunjungi stand UMI Makassar, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMI, Setyawati ST MT PhD memanfaatkan untuk menjelaskan tentang UMI dan memberikan cinderamata dan buku profil UMI.

Pelaksanaan Indonesia Education Fair selama dua hari, dibanjiri siswa-siswi di kota Dili dan sangat antusias mengunjungi dari stand ke stand dan melakukan dialog dengan penjaga stand, bahkan beberapa perguruan tinggi langsung membuka pendaftaran mahasiswa baru.

Selama berada di Dili, Kepala KUI UMI melakukan penjajakan kerjasama dengan Yayasan An-Nur Dili yang membina TK, SD, SMP dan SMA.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved