Jokowi Masuk Daftar Tokoh Islam Paling Berpengaruh Dunia? Ini Data RISSC

Menurut Direktur Institute on Culture, Religion, and World Affairs, Boston University, Robert W. Hefner, terdapat tiga keistimewaan Islam Indonesia.

Yus/ Tim Media Anies Baswedan
Jokowi saat menunaikan tawaf dalam rangkaian umrah di Tanah Suci. 

TRIBUN-TIMUR.COM- Belum lama ini, The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) yang berbasis di Amman, Jordania, melansir nama tokoh muslim berpengaruh dunia. Rupanya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) termasuk dalam publikasi kali ketujuh RISSC, tersebut. 

Publikasi apresiasi itu The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2016. Selain Jokowi, sejumlah tokoh Muslim Indonesia mendapat aspresiasi sebagai tokoh Muslim berpengaruh di dunia Islam.

Kiprah mereka di bidangnya masing-masing dinilai telah membawa perubahan yang berdampak signifikan bagi dunia Islam secara umum.

Total ada 20 nama tokoh Muslim Indonesia dinilai berpengaruh. Dan penting juga diingat, sebagian besar dari 20 nama itu adalah tokoh yang menyuarakan pesan-pesan kedamaian dalam Islam.

Dari 500 nama tokoh yang masuk dalam daftar, panitia membaginya menjadi dua kelompok, yaitu kelompok top 50 dan kelompok final 450.

Kelompok pertama umumnya diisi kepala negara dan pemimpin keagamaan, sementara di kelompok kedua diisi tokoh-tokoh dari berbagai bidang.

Ada empat nama tokoh Muslim asal Indonesia yang masuk dalam daftar kelompok pertama. Mereka adalah Presiden Joko Widodo, KH Said Aqil Siradj, Din Syamsuddin, dan Habib Lutfi Yahya.

Nama pertama berada di urutan ke-11, nama kedua berada di urutan ke-18, nama ketiga berada di urutan ke-44, dan nama terakhir berada di urutan ke-48.

Nama Jokowi menjadi spesial karena dialah presiden pertama Indonesia yang bukan berlatar militer dan bukan berasal dari keluarga elite politik.

Jokowi juga dinilai sebagai politisi yang sukses dan bersih, seperti yang ia tunjukkan saat menjadi Walikota Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta.

Halaman
1234
Editor: Ilham Mangenre
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved