Peringkat Dunia Lee Chong Wei Naik 81 Tingkat

Chong Wei pernah menempati peringkat satu dunia.

AFP PHOTO/ROSLAN RAHMAN
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, membuang keringat saat sedang bertanding melawan pemain Tiongkok, Lin Dan, pada semifinal Asian Games 2014 di Gyeyang Gymnasium, Incheon, Korea Selatan, Minggu (28/9/2014). 

TRIBUN-TIMUR.COM, JAKARTA - Peringkat dunia pemain ternama Malaysia, Lee Chong Wei melesat setelah ia berhasil menjuarai turnamen AS Terbuka GP Gold, pekan lalu.

Menurut daftar peringkat dunia yang dikeluarkan federasi bulu tangkis dunia (BWF), Kamis (25/06/2015), Chong Wei kini menempati peringkat 99 dunia. Ini berarti meningkat 81 tingkat dibanding peringkat pekan lalu yang masih bercokol di 180.

Chong Wei pernah menempati peringkat satu dunia. Peringkatnya kemudian merosot drastis karena absen bertanding setelah dijatuhi larangan bertanding selama dua bulan menyusul terbukti menggunakan doping pada kejuaraan dunia di Kopenhagen, Agustus 2014.

Chong Wei yang terancam hukuman skorsing selama dua tahun, akhirnya "hanya" dijatuhi hukuman larangan bertanding delapan bulan. Hukuman tersebut berakhir pada 30 April lalu.

Saat ini ia tengah berusaha mengumpulkan poin untuk dapat kesempatan lolos ke Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016. Chong Wei merupakan peraih medali perak Olimpiade 2008 dan 2012 setelah kalah di final menghadapi pemain Tiongkok, Lin Dan.

Dalam daftar peringkat yang dikeluarkan BWF, peringkat tertinggi tunggal putera Indonesia masih ditempati Tommy Sugiarto yang menempati peringkat 17, disusul Dionysius Hayom Rumbaka (peringkat 21). Para pemain muda Indonesia yang berada di peringkat 100 besar adalah Jonatan Christie (36), Firman Abdul Kholik (58), Ihsan Maulana Mustofa (76) serta Anthony Ginting (96). (*)

Editor: Suryana Anas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved