Breaking News:

Apa Betul Minyak Tanah Obat Sakit Perut dan Luka?

minyak tanah diyakini dapat mengobati luka pada kulit dan yang bahkan meneguk (sedikit) untuk obat sakit perut

Editor: Ilham Mangenre
Apa Betul Minyak Tanah Obat Sakit Perut dan Luka?
net
Chen Dejun (72), warga Tionghoa, yang mengomsumsi minyak tanah selama 42 tahun. Ia mengakui minyak tanah obat

TRIBUN-TIMUR.COM- Sejumlah kalangan masyarakat pedesaan di provinsi Sulawesi Selatan, khususnya, meyakini minyak tanah dapat mengobati luka pada kulit dan sebagai obat sakit perut jika diteguk (sedikit). Lantas, bagaimana menurut pandangan medis? 

Seperti dilaporkan dokter Atika, konsultan KlikDokter.com, dikatakan, justru penggunaan minyak tanah pada tubuh manusia mengancam kesehatan.

Ia membeberkan, efek yang ditimbulkan oleh penggunaan minyak tanah secara berlebihan yakni akut (segera), efek lokal yang dapat muncul berupa iritasi kulit, kelumpuhan mendadak, infeksi, gangguan jantung.

Kronik (jangka lama), menurunkan fungsi imun, penyakit autoimun, asma, alergi, infertilitas, keguguran, retardasi mental, kerusakan kulit dan saraf.

Minyak tanah memberikan efek racun baik secara langsung maupun tidak langsung. Baik melalui menghirup, menelan, mengoleskan ke kulit, bahkan melalui suntikan.

“Seperti yang telah dijelaskan diatas, minyak tanah dapat menyebabkan hilangnya fungsi organ tubuh dan menyebabkan kecacatan dalam jangka waktu lama.

Oleh sebab itu, sejauh keamanannya belum terbukti, ada baiknya kita menghindari praktik penggunaan minyak tanah sebagai pengobatan penyakit,”jelas dr Atika. (dr Atika/KlikDokter.com)

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved