Pemilu 2014

Duh, KPU Makassar Salah Hitung Lagi

Pada rekap hasil perolehan suara caleg di dapil Mamarita (Mamajang, Mariso, Tamalate) antara caleg PKS, Agussalim Erang dan Yeni Rahman.

Duh, KPU Makassar Salah Hitung Lagi
Logo KPU

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM -KPU Kota Makassar kembali 'mengakui' ada kesalahan terkait penetapan hasil rekapitulasi suara Pileg lalu.

Hal itu terjadi pada rekap hasil perolehan suara caleg di dapil Mamarita (Mamajang, Mariso, Tamalate) antara caleg PKS, Agussalim Erang dan Yeni Rahman.

Dari hasil penelusuran ulang KPU, Agussalim Erang memperoleh suara lebih tinggi dari Yeni. Padahal KPU telah menetapkan Yeni sebagai pemenang.

Dalam surat KPU bernomor 340/KPU-MKS-025.433481/V/2014 diputuskan jika suara Agus bertambah dan suara Yeni mengalami pengurangan. Agus memperoleh suara 1879 sementara Yeni hanya 1852 suara atau selisih 27 suara.

Hanya saja dalam keputusan KPU tersebut, dua komisioner masing-masing Rahma Saiyed dan Andi Shaifuddin tak bertanda tangan. Rahma menolak, sementara Shaifuddin sedang diluar kota.

Meski begitu, hasil pleno KPU Makassar yang menetapkan Yenni Rahman kemungkinan tidak bisa lagi mengalami perubahan.

Sebelumnya, KPU Makassar juga telah melakukan kesalahan yang sama terkait hasil penetapan suara caleg PAN, Abdul Rauf Rahman dan Hasanuddin Leo. Dari hasil rekap ulang Rauf unggul dari Hasanuddin Leo yang sebagai caleg terpilih. Kasus ini sementara bergulir di MK. (*)

Penulis: Ilham Arsyam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved