Pemilu 2014

Penyelenggara Pemilu di Gowa Divonis 3 Bulan

Terbukti menggelembukan suara salah satu caleg dari Partai Golkar untuk DPRD Sulsel, Fakhruddin Rangga, pada Pemilu Legislatif 9 April lalu.

Penyelenggara Pemilu di Gowa Divonis 3 Bulan
net
ilustrasi sidang

SUNGGUMINASA, TRIBUN-TIMUR.COM  - Ketua KPPS TPS 7, Desa Kanjilo, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sunandar, divonis tiga bulan penjara dengan denda sebesar Rp 1 juta, dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Sungguminasa, Jl Andi Mallombasang, Selasa (20/5/2014).

Sunandar yang datang bersama sang istri, menurut majelis hakim, terbukti menggelembukan suara salah satu caleg dari Partai Golkar untuk DPRD Sulsel, Fakhruddin Rangga, pada Pemilu Legislatif 9 April lalu.

Dari seharusnya 46 menjadi 124 suara. Fakhruddin lolos ke DPRD Sulsel dari Dapil Gowa-Takalar.

Dalam vonis yang dibacakan hakim ketua, Prayoga, kemarin, terungkap dugaan kecurangan yang dilakukan Sunandar dikarenakan adanya kaitan posisi Fakhruddin yang merupakan adik Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin.

Sedangkan istri Sunandar merupakan PNS di lingkup Pemkab Takalar. Sebelumnya istri Sunandar dimutasi, karena memilih kandidat lain di Pilkada Takalar 2012 lalu, yang dimenangkan pasangan Burhanuddin-Natsir Ibrahim.

Hal ini membuat Sunandar trauma sehingga sengaja melakukan penggelembungan suara.

Berita selengkapnya dapat dibaca pada edisi cetak Harian Tribun timur, Rabu (21/5/2014) hari ini. (*)

Tags
Gowa
Penulis: Waode Nurmin
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved