SBY "Paksa" Roy Suryo Terima Jabatan Menpora

SBY "Paksa" Roy Suryo Terima Jabatan Menpora

Editor: Imam Wahyudi
JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM-- Roy Syuryo, mantan anggota DPR RI yang kini menjabat sebagai Menpora, mengatakan, hanya berdoa setelah mendapat kepastian bahwa dirinya akan menjadi menteri.

Penunjukan dirinya sebagai menteri ia ketahui dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Sudi Silalahi.

"Saya lakukan ritual, kalau sujud itu kan syukur, saya justru berdoa kepada Tuhan agar diberi ketabahan karena ini bukan tugas yang ringan," kata Roy saat berbincang dengan Tribun, di kediamannya, kawasan Tomang, Jakarta Barat, Selasa (14/1/2013) malam.

Dalam pertemuan dengan Sudi itu, Roy mengaku sempat menolak tawaran kursi Menpora karena ia sadar jabatan itu tak sesuai latar belakang bidang IT, multimedia, dan telematika, yang ia kuasai.

"Dan jawaban saat itu konsisten seperti apa yang saya twit-kan. Saya menolak. Saya bilang, Pak saya kan bukan bidang ini, waktu diminta belajar olahraga juga saya bilang bukan bidang saya. Saya bilang jangan saya lah Pak, masih banyak yang lain yang kompeten. Kata Pak Sudi, sudahlah ikut saja," papar Roy.

Roy pun hanya bisa patuh saat berhadapan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Kepresidenan pada Jumat (11/1/2013) pagi.

"Dan itupun saya katakan waktu di depan Presiden. Jadi, ketika ketemu Presiden, Wapres, Pak Sudi, Dipo Alam, saya bilang, mohon maaf bapak, saya kan kompetensinya tidak ada di sini. Dan saya sangat yakin bukanlah orang yang paling tepat, kalaupun boleh memilih.., kemudian beliau (SBY) langsung potong, ini enggak ada pilihan. Pilihannya ini saja," bebernya.

Waktu Presiden mengatakan hal itu, apa yang Anda pikirkan? "Iya, waduh. Iya kaget, Mas," jawab Roy.

Ia mengaku tidak bisa menolak lagi penunjukan Menpora itu karena sudah perintah Presiden SBY dan tidak ada pilihan lain.

"Kalau saya mengutamakan ego, namanya saya mengorbankan kepentingan masyarakat. Kalau saya menolak, yang terpilih bisa lebih salah lagi. Orang-orang mengatakan ini pilihan yang salah. Tetapi, saya mencoba menjawabnya tidak perlu dengan kata-kata, jawab saja dengan sikap dan tindakan," terangnya.

Roy mengaku tidak mau tahu dan tidak akan mencari tahu benar atau tidaknya ada sembilan calon Menpora lain sebelum Presiden SBY menunjuk dirinya.

"Karena itu akan membuat tidak fair untuk saya, ngapain sih mencari-cari tahu," kata Roy.

Dan akhirnya Presiden SBY mengumumkan nama Roy Suryo sebagai Menpora pengganti Andi Mallarangeng pada Jumat pukul 14.00 WIB.

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved