Resep Makanan

Bebek Panggang Saus Ceri

Tambahan sayur baby bok choy dan irisan jamur shitake membuat bebek ini pasti jadi hidangan yang istimewa.

Editor: Ina Maharani
TRIBUN-TIMUR.COM -- Akhir pekan sudah tiba, nah... ini waktu yang tepat untuk memanjakan keluarga. Hadirkan saja makanan berbuka puasa yang sedikit mewah dengan olahan daging bebek yang nikmat. Chef Vindex Tengker menyajikan bebek panggang dengan siraman compote (saus kental) buah ceri. Tambahan sayur baby bok choy dan irisan jamur shitake membuat bebek ini pasti jadi hidangan yang istimewa.

Bahan:
2 sdt garam
1 sdt lada hitam
1 1/2 sdm five spice powder
3 sdm olive oil
4 buah kentang, potong dadu
250 gr dada bebek tanpa tulang
2 sdm minyak sayur
1 sdm mentega

Compote ceri:

1 kg buah ceri, potong
1/2 cup air
1/2 cup jus apel
1/2 cup gula pasir
1 buah cabe jalapeno
1 cm jahe, potong dua dan memarkan

Sayuran:
3 buah daging sapi asap, potong dadu
6 buah bawang merah, iris tipis
1/2 cup jamur shitake, iris
8 buah baby bok choy, bagi dua, blanched (merebus sebentar sayuran, lalu merendamnya di air es agar tetap renyah)
2 sdm balsamic vinegar

Cara membuat:
1. Panaskan oven pada suhu 190 derajat celcius.
2. Sementara itu, campurkan garam, lada hitam, dan five spice powder untuk me-marinade (membumbui) daging bebek dan kentang.
3. Tempatkan irisan kentang di dalam wadah. Siramkan dengan sedikit olive oil, dan bumbu marinade ke seluruh bagian kentang. Kemudian panggang selama 35-40 menit agar kentang matang.
4. Compote ceri: Campurkan semua bahan dalam wadah, kemudian masak dengan api yang besar sampai mendidih. Kemudian, kecilkan api dan masak sampai saus ini mengental dan warnanya mengilat. Masak selama kurang lebih 10 menit.
5. Sayuran: Masak daging asap dalam penggorengan antilengket sampai crispy. Angkat. Tumis bawang putih dan jamur shitake sampai harum dan matang. Angkat dan sisihkan. Kemudian panaskan penggorengan dan tumis baby bok choy selama lima menit, angkat. Terahir, masukkan kembali tumisan bawang putih, jamur, dan baby bok choy ke dalam penggorengan. Matikan api dan aduk rata.
6. Bebek panggang: Bumbui daging bebek dengan bumbu marinade di seluruh bagian dagingnya. Panaskan wajan antilengket dengan api besar dan tambahkan minyak sayur serta mentega ke dalamnya. Masukkan daging bebek ke dalam penggorengan dan masak sampai berubah warna. Masak selama lima menit. Setelah satu bagiannya berubah warna, balik daging bebek dan masak bagian sebelahnya selama lima menit. Setelah daging bebek empuk, tutupi dengan alumunium foil selama lima menit agar tetap hangat.
6. Iris-iris daging bebek, tata dalam piring dan sajikan bersama dengan sayuran dan compote ceri. Tambahkan siraman balsamic vinegar di atasnya, dan potongan kentang di sebelahnya.

Resep: Dipraktekkan Chef Vindex Tengker di acara Creative Culinary Creation di Plaza Indonesia, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved