Breaking News:

Sirkuit Sepang, Ujian Bagi Ducati

Sirkuit Sepang menjadi tempat pertama di mana Ducati melakukan uji coba GP11.1 pada bulan Februari.

Editor: Ridwan Putra
TRIBUN-TIMUR.COM, - Ducati akan menghadapi hari penghakiman ketika tampil di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada akhir pekan ini. Pasalnya, mereka bisa melihat perbandingan bagaimana performa Desemodici GP11.1 yang "asli" dengan hasil "rekayasa".

Mengapa demikian? Sirkuit Sepang menjadi tempat pertama di mana Ducati melakukan uji coba GP11.1 pada bulan Februari. Karena mereka terus menghadapi kesulitan, maka tim yang bermarkas di Bologna itu melakukan sejumlah perubahan, mulai dari desain rangka, hingga perubahan material.

"Desmosedici yang akan kami gunakan di trek pada hari Jumat, berbeda dengan Desmosedici yang sudah kami uji coba pada musim dingin lalu. Dan, event ini akan memperlihatkan kepada kami beberapa perbandingan yang menarik dengan data yang kami kumpulkan," ujar manajer tim, Vittoriano Guareschi.

Memang, Ducati terus mengalami evolusi sejak awal musim 2011 ini. Setelah melakukan pencangkokan yang menghasilkan GP11.1 - karena mesin 800cc dipasang pada rangka 2012, mereka juga menggunakan sasis aluminium, serta ada perubahan konfigurasi airbox, sejak tes di Sepang. Semuanya dilakukan untuk mencoba memperbaiki masalah rasa pada front-end.

"Di sini, di Malaysia, kami akan meneruskan pekerjaan pada GP11.1, baik saat balapan dan hal lain untuk mengumpulkan informasi bagi program kerja kami demi menatap musim 2012," jelas Guareschi.

Dalam catatan prestasinya, Ducati meraih dua kali kemenangan di GP Malaysia, yang semuanya diraih ketika masih bersama Casey Stoner. Sejak 2003, Ducati juga selalu menempatkan pebalapnya di posisi enam besar, pada balapan di Sepang.

Nah, bagaimana dengan tahun ini? Valentino Rossi, yang musim lalu memenangkan balapan di sini ketika masih bersama Yamaha, merasa memiliki harapan. Apalagi, ini termasuk salah satu trek favoritnya.

"Saya sangat menyukai Sirkuit Sepang, meskipun kondisi cuacanya selalu ekstrim," ujar Rossi, yang mengalami kecelakaan di Australia. "Kami tidak terlalu beruntung di Australia, dan kami juga sudah bekerja lebih keras lagi pada pengesetan motor."

Juara dunia sembilan kali grand prix ini pun ingin melihat bagaimana perbedaan terhadap perubahan yang sudah dilakukan pada Desmosedici. Dengan demikian, mereka bisa memverifikasi hasil dari beberapa tes musim dingin lalu, dengan perubahan terakhir yang dilakukan.

Pedrosa Kejar Dovizioso
Pebalap tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, mengatakan, dirinya akan berusaha keras untuk dapat meraih sukses di Sepang, Malaysia.

Pedrosa juga tidak akan menyerah untuk merebut juara ketiga dari rekan setimnya, Andrea Dovizioso.

"Saya pernah sukses di Sepang, saat berlaga di kelas 125 cc dan 250 cc. Namun, saya belum sekalipun menjadi juara di Sepang saat berlaga di MotoGP. Saya berharap dapat mengulang kesuksesan masa lalu di akhir pekan ini," kata Pedrosa, Rabu (19/10/2011) di Kuala Lumpur.

Tahun lalu, Pedrosa tidak dapat tampil di Sepang, karena masih didera cedera tulang selangka. Oleh karena itu, pebalap Spanyol itu sangat bersemangat tampil maksimal di Malaysia.

Bagi Pedrosa, kemenangan di Sepang mutlak dibutuhkan untuk memenangi persaingan dengan Dovizioso, guna merebut tempat ketiga di akhir musim. Pedrosa, yang tahun ini sempat absen di beberapa seri karena cedera tulang selangka lagi, berhasil memangkas selisih 53 poin lebih dari Dovizioso hanya dalam empat seri.

Namun, di Australia, selisih poin keduanya kembali melebar, dari satu poin menjadi empat poin, karena Dovizioso finis di urutan ketiga dan Pedrosa di urutan keempat.

Jika mampu memenangi MotoGP seri Malaysia, Pedrosa akan merebut posisi ketiga dari Dovizioso. Jika kalah dari Dovizioso, peluang Pedrosa di tiga besar akan semakin mengecil.(*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved