Kanal

Warga Mengeluh Tak Ada Pustu di Dusun Kalosi, Ini Respon Kadis Kesehatan Pinrang

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, Hery Syahrullah

TRIBUNPINRANG.COM, LEMBANG - Sejumlah warga mengeluhkan pelayanan kesehatan di Dusun Kalosi, Desa Basseang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Pasalnya, tak ada pusat sarana kesahatan berupa pustu yang didirikan di dusun tersebut.

Berbeda halnya dengan dua dusun lainnya yang ada di Desa Basseang tersebut (Taddangpalie dan Sipatokkong), telah berdiri sarana untuk pelayanan kesehatan untuk warga.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Pinrang dr Dyah Puspita Dewi mengatakan, pernyataan keluhan masyarakat yang membutuhkan tempat pelayanan kesehatan adalah hal wajar.

Namun, realisasi sarana pelayanan tersebut harus berdasarkan usulan dari bawah, yakni melalui Musrembang Desa dan dikuatkan dengan usulan dari Puskesmas yang bertanggung jawab di wilayah tersebut.

"Biasanya kalau Pustu dibangun juga mempertimbangkan jumlah penduduk yang dilayani serta pemerataan di suatu wilayah," katanya kepada TribunPinrang.com, Rabu (12/9/2018).

Jikalau dalam satu desa sudah ada tempat pelayanan, kata Dyah, biasanya desa lain yang belum ada sama sekali tentu akan lebih diprioritaskan.

"Jadi kalau di Desa Basseang sudah ada dua Pustu dan Poskesdes, tempat tersebut belum bisa dibangun lagi karena pertimbangam ada tempat lain yang masih butuh," jelasnya.

Di sisi lain, kata Dyah, sudah ada bidan atau perawat yang ditempatkan di dusun tersebut. Kehadiran bidan itulah dianggap perpanjangan tangan dari Dinkes atau Puskesmas setempat.

"Kalau desa lain semuanya sudah terpenuhi, bisa saja di tempat itu akan dibangunkan Pustu atau Poskesdes. Intinya, berdasar pada ukuran prioritas," ujarnya.

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur

VIDEO Isak Tangis Kerabat Korban Pembunuhan Bekasi: Tunjukkan Pembunuhnya Tuhan

Berita Populer