Kanal

Target Siap Uji Oktober, Begini Progres Pembangunan Makassar New Port

Sejumlah pekerja mengerjakan proyek pembangunan Makassar New Port (MNP), di Kaluku Bodoa, Tallo, Makassar, Rabu (12/9) Magrib. Pembangunan MNP sangat penting untuk menopang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Makassar dan Sulsel yang ditargetkan selesai dibulan Oktober untuk siap uji Oprasional. Reklamasi sebanyak 50-60 hektar dengan panjang dermaga 360 meter dengan draf sedalam 16 meter diharapkan bisa mengelola kontainer sebanyak 500 ribu sampai 1 juta. - sanovra/tribuntimur.com

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengunjungi proyek pembangunan Makassar New Port (MNP), di Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Makassar, Rabu (12/9/2018) sore.

Budi didampingi Dirut Pelindo IV Doso Agung, dan Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan Pelindo IV Farid Padang.

Saat tiba di lokasi MNP, Budi langsung menggelar pertemuan tertutup dengan Dirut Pelindo dan beberapa pihak terkait, lalu memantau proses pembangunan dermaga.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung menyebutkan, hingga 11 September 2018, progres pembangunan MNP Tahap IA telah mencapai 82,86 persen, terdiri dari Paket A 94,84 persen, Paket B 82,58 persen, dan Paket C 64,84 persen.

Baca: FOTO: Beginilah Pengerjaan Pembangunan Makassar New Port

“Hingga 11 September 2018, realisasi kegiatan untuk Paket A yaitu upper structure dermaga,” kata Doso.

Sementara realisasi kegiatan untuk Paket B meliputi pekerjaan revetment, pengecoran saluran precast, pekerjaan perkerasan paving block dan rigid, serta pekerjaan dredging kolam putar.

Untuk Paket C, kegiatan yang sudah terealisasi yaitu produksi core 1-5 kg, produksi underlayer 5-10 kg, pemasangan core breakwater (1-5 kg) dan pemasangan toe protection breakwater (100 - 160 kg).

Doso mengatakan, sistem dermaga yang diaplikasikan adalah secant pile dengan sistem boring yang bisa mengefisiensikan waktu dan biaya dengan kualitas yang lebih baik.

Baca: Kunjungi Makassar New Port, Staf Kepresidenan RI Jenderal Moeldoko Apresiasi 3 Hal Ini

Penerapan sistem secant pile baru ada dua di dunia, yaitu di Liverpool dan Makassar New Port.

“Dermaga ini adalah dermaga modern yang terkoneksi dengan jaringan kereta api Trans Sulawesi dan akan dioperasikan terintegrasi dengan pusat logistik Kawasan Berikat,” ucap Doso.(*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Mahyuddin

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer