Kanal

Sebelum Penetapan DPT, KPU Sudah Tuntaskan Data Ganda di Polman

Kantor KPU Polman - handover

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, POLEWALI - Polemik data ganda dalam daftar pemilih pada Pemilihan Umun Tahun 2019 menjadi isu sentral setelah penetapan daftar pemilih di tingkat nasional.

Merespon isu tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar sebelum penetapan DPT, telah melakukan rapat roordinasi dengan sejumlah pihak baik itu Bawaslu, partai politik dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta jajaran camat di Kabupaten Polman.

Komisioner KPU Polewali Mandar Divisi Data dan Informasi, Muslim Sunar mengatakan dalam rapat koordinasi tersebut, persoalan data ganda sudah tidak ada lagi rekomendasi yang didorong untuk dilakukan perbaikan.

Sebab, sebelumnya KPU Polewali Mandar telah menclearkan data ganda yang direkomendasikan Bawaslu sebanyak 326 pemilih yang diduga ganda dan 1.475 data virtual PPK dan PPS yang diduga ganda, pindahan, Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Baca: Temukan DPT Bermasalah, Bawaslu Wajo Rekomendasikan KPU Pleno Ulang

Baca: Bawaslu Luwu Temukan Ribuan Pemilih Ganda DPT Pemilu 2019

"Sehingga total nama pemilih yang telah dihapus dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) sebanyak 1.524," ujar Muslim dalam rilisnya kepada TribunSulbar.com, Rabu (12/9/2018).

Ia juga telah mempertanyakan dari mana sumbernya jika masih terdapat tudingan dari pihak luar mengenai data ganda dalam daftar pemilih di Kabupaten Polewali Mandar.

"Jadi saya heran kalau ada sebagian pihak yang menyatakan mengenai tentang data ganda, saya jadi bertanya dari mana sumber datanya. Yang kedua kalaupun masih ada ditemukan, silakan untuk berkoordinasi dengan penyelenggara setempat," tuturnya.

Ketua Partai Perindo, Rudi justru mengapresiasi positif atas kinerja pencermatan data yang dilakukan KPU Polewali Mandar, yang telah banyak kali melakukan rapat koordinasi bersama jajaran Bawaslu, partai Politik dan stakholder terkait.

"Saya tidak akan menyimpulkan bahwa DPT Polman itu telah sempurna, tapi paling tidak data yang dihasilkan ini telah melalui proses koordinasi yang matang sehingga validitas dan keakuratannya sudah bisa dipercaya," katanya.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer