Kanal

Saldo Rekening WNI Kini Bisa Diintip Aparat Pajak

Ilustrasi-Ditjen Pajak - Net

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Saldo rekening bank Warga Negara Indonesia (WNI) di bank luar negeri kini bisa diintip aparat pajak.

Tidak hanya saldo, identitas pemilik rekening, nomor rekening, identitas lembaga keuangan, penghasilan bunga yang diperoleh dari rekening, juga bisa dilihat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

Hal ini seiring dimulainya pertukaran data pajak otomatis atau Automatic Exchange of Information (AEoI) oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Common Transmission System (CTS).

Menurut Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) DJP Sulselbartra, Eko Pandoyo yang dihubungi, Rabu (12/9/2018) menuturkan, pertukaran data ini diatur dalam Undang-Undang No. 9 tahun 2017 tentang pertukaran data nasabah.

Baca: 4 Sektor Pajak Ini Sumbang Rp 24 Millar PAD Jeneponto, Begini Sistem Bagi Hasilnya

"Program ini berpotensi meningkatkan penerimaan negara dari pajak penghasilan (PPh) pasal 25 dan pasal 29 orang pribadi," katanya.

Selain itu, program AEoI ini juga diharapkan mendorong kepatuhan wajib pajak dalam membayar kewajibannya.

"Ini sebagai instrumen yang sangat penting untuk mendorong kepatuhan wajib pajak kita. Jadi nanti kita dapat data harta wajib pajak WNI kita di luar negeri," kata Eko.

Kepatuhan para wajib pajak itu nantinya akan diperiksa lagi setelah data yang diperoleh dari sistem AEoI ini diperoleh DJP.

Baca: Tingkat Kesadaran Wajib Pajak Rendah, DJP Sulselbatra Sasar Pelaku UMKM

Selanjutnya berdasarkan data yang diperoleh, DJP berwenang memeriksa perihal SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) apakah sudah dilaporkan atau belum oleh wajib pajak.

"Jika belum, maka akan dilakukan tindak lanjut agar wajib pajak segera melaporkan ke DJP," katanya.

Hingga Juni 2018, setidaknya 102 negara sudah berkomitmen pada pertukaran data hingga 2018 ini. (aly)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Mahyuddin

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer