Kanal

Danrindam XIV/Hasanuddin Pimpin Upacara Penutupan Diktukbasus Babinsa

Pendidikan Pembentukan Bintara Khusus (Diktukbasus) Babinsa TA 2018 secara resmi ditutup oleh Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Rafael Granada Bay di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV/Hsn Pakatto, Gowa, Rabu (12/09/2018). - Wa Ode Nurmin/Tribungowa.com

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA- Sebanyak 99 Prajurit Siswa resmi menyandang pangkat Sersan Dua (Serda) setelah selesai menempuh Pendidikan Pembentukan Bintara Khusus (Diktukbasus) Babinsa TA 2018.

Pendidikan khusus ini secara resmi ditutup oleh Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Rafael Granada Bay di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV/Hsn Pakatto, Gowa, Rabu (12/09/2018).

Dalam arahannya, Danrindam menuturkan sebagai program TNI AD yang bersifat Crash Program (program kilat/singkat) Diktukbasus Babinsa ini telah berhasil membentuk Tamtama Kodam XIV/Hasanuddin menjadi Bintara.

"Meskipun usianya rata-rata sudah tidak lagi muda namun dalam waktu yang relatif singkat mampu menyerap banyak materi dengan jadwal kegiatan yang cukup padat selama sebulan sejak Agustus lalu," ujar Danrindam yang sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Sementara dalam amanat tertulis Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, menyampaikan
bahwa Babinsa adalah ujung tombak dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial di wilayah.

"Saudara perlu sadari, bahwa apabila Babinsa hebat, maka TNI akan hebat, kemudian apabila TNI hebat, berarti bangsa Indonesia pun akan hebat," ujarnya.

Babinsa dilapangan mempunyai tugas meringankan beban hidup masyarakat sesuai butir terakhir delapan Wajib TNI.

Yaitu menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

"Sebagai Babinsa harus lebih kreatif dan berinovasi dalam menjalankan tugas sebagai aparat kewilayahan," tambahnya.

Diakhir amanatnya Pangdam berharap pada calon Babinsa ini bisa berkontribusi positif dalam menciptakan suasana kondusif dan aman bagi masyarakat binaannya.

Disa membangun komunikasi yang harmonis dengan berbagai komponen masyarakat untuk mewujudkan tetap utuhnya negara Republik Indonesia.

Hadir pada acara tersebut Irdam, Danrindam, Para Asisten dan Para Kabalakdam XIV/Hasanuddin. (*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Nurul Adha Islamiah

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer