Kanal

Warga Ngeluh Tak Ada Pustu di Dusun Kalosi Pinrang

Suasana Dusun Kalosi, Desa Basseang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. - hery syahrullah/tribunpinrang.com

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, Hery Syahrullah

TRIBUNPINRANG.COM, LEMBANG - Sejumlah warga mengeluhkan pelayanan kesehatan di Dusun Kalosi, Desa Basseang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Pasalnya, tak ada pusat sarana kesehatan berupa pustu yang didirikan di dusun tersebut.

Berbeda halnya dengan dua dusun lainnya yang ada di Desa Basseang tersebut (Taddangpalie dan Sipatokkong), telah berdiri sarana untuk pelayanan kesehatan untuk warga.

"Sisa di Dusun Kalosi yang belum ada sarana untuk kesehatan," keluh salah seorang warga TN (45) kepada TribunPinrang.com, Selasa (11/9/2018).

Ia menyebutkan, bidan di dusun tersebut juga kerap kewalahan melayani warga yang membutuhkan lantaran kurangnya fasilitas.

Baca: Banjir di Macanre Soppeng, Pustu Toawo Jadi Posko Kesehatan

Baca: Bidan Minta Fasilitas Medis di Pustu Pasitallu Selayar Ditambah

"Itu karena bidan banyak mengahabiskan waktu mengunjungi warga dari rumah ke rumah. Mungkin itu masalahnya," katanya.

Jika ada sarana kesehatan berupa pustu, lanjutnya, tentu warga bisa langsung ke lokasi dengan cepat apabila membutuhkan pelayanan kesehatan. Bidan pun bisa stand by di pustu tersebut.

"Selama ini warga kalang kabut menelpon bidan kalau ada yang butuh penanganan. Belum lagi bidan harus melewati kondisi jalan yang ektrim dan jarak yang cukup jauh untuk menangani warga yang membutuhkan," ujar TN.

Ia berharap, pihak terkait bisa menyediakan ruang sarana untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan di dusun tersebut. "Tentunya, agar masyarakat juga bisa mendapat pelayanan yang baik," ujarnya.(*)

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Hasriyani Latif

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer