Kanal

Kliennya Divonis Bebas, Ini Kata Kuasa Hukum Munandar Wijaya dan H Harun

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Dua mantan pimpinan DPRD Sulbar, Munandar Wijaya dan H. Harun, divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Mamuju, dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi APBD Sulawesi Barat 2016, Senin (10/9/2018).

Berdasarkan putusan majelis hakim, kedua terdakwa dibebaskan dari seluruh dakwaan atau tuntutan hukum Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut terdakwa tujuh tahun penjara berdasarkan pasal 12 huruf i Undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Berdasarkan amar putusan tersebut, kedudukan dan martabat kedua terdakwa harus dipulihkan dan biaya perkara dibebankan kepada negara, serta memerintahkan JPU untuk membebaskan Munandar Wijaya dan H. Harun, setelah menjalani penahanan selama delapan bulan 22 hari atau sejak 18 Desember 2017 - 10 September 2018.

Kuasa hukum Munandar Wijaya dan H.Harun, Hijrah Thalib saat ditemui usai persidangan mengatakan, putusan tersebut sangat adil, dan menilai majelis hakim masih tetap memegang pemeo hukum, bahwa sekalipun langit akan runtuh keadilan tetap ditegakkan.

"Saya juga sangat mengapresiasi majelis hakim yang tidak terpengarun dengan kehadiran KPK dan Komisi Yudisial (KY) selama perkara ini berlangsung, belum lagi pemberitaan disejumlah media,"ujarnya.

Menanggapi rencana upaya kasasi oleh JPU, Hijrah Thalib mengatakan, itu adalah hak preoregatif oleh JPU, dan pihak memastikan akan melakukan kontra memori kasasi jika itu dilakukan.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer