Kanal

Budaya Jawa Meriahkan Pawai Tahun Baru Islam di Wajo

Kesenian Reog yang merupakan salah satu budaya Jawa meriahkan Pawai Hari Besar Islam 1440 H di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (11/9/2018). - st hamdana/tribunwajo.com

Laporan Wartawan TribunWajo.com, St Hamdana Rahman

TRIBUNWAJO.COM, TEMPE - Kesenian Reog yang merupakan salah satu budaya Jawa memeriahkan Pawai Hari Besar Islam 1440 H di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (11/9/2018).

Reog ditampilkan santri dari Taman Pendidikan Quran (TPQ) Attholibiyah. Selain reog, kesenian Jawa lainnya yaitu kuda lumping juga ditampilkan.

Selain sebagai tempat pendidikan Islam, TPQ Attholibiyah juga merupakan Paguyuban Jawa yang ada di Sengkang.

Baca: Peringati 1 Muharram, BKMT Palopo Pawai Keliling Kota

Baca: Pawai Hijratul Rasul Sambut Tahun Baru Islam di Parepare

Pembina TPQ Attholibiyah Ibnu Akbar Nuryadi mengatakan, dalam beberapa acara seperti Pawai Tahun Baru Islam tersebut, reog dan kuda lumping selalu ditampilkan.

"Budaya baik yang ada di Jawa kita masukkan di paguyuban. Sebagai cara memperkenalkan atmosfir yang ada di Jawa, sehingga mereka mengenal budaya leluhurnya meski tinggal di Tanah Bugis," terang Ibnu kepada TribunWajo.com.

Hari Besar Islam di Kabupaten Wajo dipusatkan di Lapangan Merdeka Sengkang. Ribuan santri mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi meramaikan pawai tersebut.(*)

Penulis: St Hamdana Rahman
Editor: Hasriyani Latif

Remaja 18 Tahun Cekik Ibu hingga Tewas lalu Perkosa Mayatnya, Tepergok sang Nenek

Berita Populer