Kanal

Sambut 1 Muharram 1440 Hijriah, Lapas Maros Deklarasi Buta Huruf Al Quran

Warga binaan Lapas Kelas II A Maros deklarasi buta huruf Al Quran dalam rangka menyambut tahun baru hijriah 1 Muharram 1440 Hijriah. - Ansar/Tribunmaros.com

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Maros deklarasi buta huruf Al Quran dalam rangka menyambut tahun baru hijriah 1 Muharram 1440 Hijriah, Senin (10/9/2018)

Kegiatan tersebut diikuti oleh warga binaan yang beragama Islam. Kegiatan berlangsung secara sederhana di Masjid Babut Taubah Kompleks Lapas Maros.

Kepala Sub Seksi Pembinaan Kemasyarakatan dan Perawatan Lapas, Amran mengatakan, kegiatan tersebut digelar serentak di Lapas seluruh Indonesia.

Dia mengatakan deklarasi buta huruf Alquran tersebut sebagai bentuk pihak Lapas untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

"Kita harus terus melakukan revolusi karakter bangsa, memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia," katanya.

Menurutnya, baca Alquran tersebut merupakan pembinaan kepribadian dan pendidikan spiritual serta intelektual, yang diwajibkan untuk warga binaan beragama Islam.

"Alquran merupakan pedoman yang akan menuntun warga binaan dalam menyadari kesalahan, serta menjadi manusia yang berakhlak baik," katanya.

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan Alquran secara simbolis oleh Hamka mewakili pimpinan Lapas Kelas II A Maros kepada warga binaan.

Sementara pengurus Yayasan Kerja Bersama untuk Semesta (Yakabus), Salahuddin Alam sebagai warga binaan menyambut baik program pembinaan spiritual tersebut.

"Kegiatan ini merupakan literasi keagamaan berbasis Alquran. Sangat patut didukung dalam pelaksanaannya," katanya.

Dia berharap, warga binaan yang lancar mengaji dapat diberikan remisi. Misalnya, warga binaan yang menghafal 1 juz dapat pengurangan masa tahanan sehari. (*)

Penulis: Ansar
Editor: Nurul Adha Islamiah

Hanyut di Laut sampai ke Jepang selama 49 Hari, Begini Cara Aldi Novel Adilang Bertahan Hidup

Berita Populer