Kanal

PSM 4 Kali Uji Coba, Syamsuddin Umar Optimistis Tim Ini Kembali ke 5 Besar

Laporan wartawan Tribun timur Ilham Mulyawan

TRIBUN TIMUR.COM MAKASSAR ---– Pekan ke-21 Liga 1 2018 akan bergulir mulai Selasa (11/9/2018) hingga Kamis (13/9/2018). Tim PSM akan menjamu tamunya, Barito Putera di Stadion Mattoanging, 13 September pekan ini. Melawan Barito, tim asuhan Robert Rene Alberts ini dituntut harus memenangkan pertandingan setelah pada pertemuan pertama lalu,tanggal 16 April PSM kalah dengan skor 2-1.

Kemenangan wajib diraih, selain balas kekalahan, juga menjaga persaingan mengingat perolehan poin-poin di klasemen sangat ketat.

Saat ini PSM tengah berada di peringkat 6 dengan 31 poin dan hanya berbeda satu poin saja dari Barito Putera yang sekarang lagi bercokol di peringkat 4 dengan 32 poin.

Jika menang, tim berjuluk Laskar Pinisi ini bakal mendongkrak posisi tim kembali ke lima besar, walau hal ini tergantung pula dari hasil pertandingan tim lain. Sebaliknya kalau sampai imbang apalagi kalah, maka siap-siap saja turun peringkat sebab dibawah PSM ada Persija, Borneo FC dan Persela Lamongan dengan raihan poin tipis dengan dimiliki PSM.

Peluang PSM menang di kandang sangat terbuka lebar mengingat jejak rekam Zulkifli Syukur dan kolega ketika bermain di depan pendukung sendiri terbilang cukup bagus. Dari 9 laga kandang yang telah dijalani, 7 laga berakhir dengan kemenangan, sekali seri dan sekali kalah.

Kemudian berkaca dari statistik laga tandang Barito Putera, tim asuhan Jacksen F Tiago itu sudah menjalani 9 laga tandang dengan catatan 3 kali menang dan 6 kali kalah serta belum pernah meraih hasil imbang saat tandang. Data ini bisa menjadi gambaran bahwa Laskar Antasari – julukan Barito bukanlah tim yang sukar dikalahkan meski tampil cukup superior sejak musim lalu.

Tinggal dibutuhkan tekad serta semangat juang pantang menyerah dari para pemain agar bisa mengamankan tiga poin di kandang sendiri.

Mantan pelatih PSM, Syamsuddin Umar menilai peluang kembali bersaing di papan atas tetap terbuka dengan lebar, terpenting jangan sampai meraih banyak hasil minor seperti empat laga terakhir yang dijalani.

Dimana skuat PSM mengalami sekali kalah dari PSMS Medan (3-1) dan ditahan imbang PSIS Semarang (1-1), Perseru Serui (2-2) dan Persela Lamongan (1-1). Hasil ini memang sangat berpengaruh, tak heran PSM harus terlempar dari lima besar.

“Melihat persiapan matang melalui uji coba empat kali baru-baru ini, saya cukup optimistis PSM menang atas Barito. Harus mampu mendominasi ketika bermain di kandang sendiri,“ kata Syam. (*)

Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Nurul Adha Islamiah

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer