Kanal

Disdikbud Parepare Registrasi 21 Kompleks Cagar Budaya, Tujuannya?

Hotel Siswa Parepare - kompas.com

Laporan Wartawan Tribun Timur, Mulyadi

TRIBUN-TIMUR.COM, PAREPARE - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare akan meregistrasi sebanyak 21 kompleks cagar budaya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Parepare, Mustadirham, Senin (10/9/2018),menjelaskan, pendataan objek cagar budaya tersebut, untuk menghidupkan nilai kompleks sejarah masa lalu, mulai dari zaman kerajaan, penjajahan hingga pada proses kehidupan modern sekarang.

"21 cagar budaya ini diantaranya gedung Hotel Siswa, Gedung Lapas Lama, Sao Raja Mattanru, Kompleks Kuburan Datu Lacincing, Gedung Dinas Pendidikan Kota Parepare (Eks.Sekolah China Era Penjajahan), Kopleks Pekuburan Tua Jara'e, (Bacukiki) Monumen Korban 40.000 Jiwa, Museum Labangege, Gudang Peluru (Geddonge) Mesjid Tua Bacukiki, Lokasi Batu Kikie, Meriam di Bulu Roangge (Bacukiki) dan Salo Karaje,"jelasnya.

Ia mengaku, data ke 21 kompleks tersebut bakal diinput dan terdaftar di Kementerian. Tujuannya, memudahkan pihak Kementerian mendata program wisata dan budaya yang ada di Parepare.

"Semua kawasan dapat disentuh dengan program, khususnya yang berorientasi pada pelestarian dan nilai budaya," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya bakal melakukan arkeologi, akademisi dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi (BPCP)."Dilakukan untuk meneliti kelayakan cagar budaya yang telah diajukan sebagai kompleks sejarah,"jelas dia.

Penulis: Mulyadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer