Kanal

Tingkatkan Pemahaman JKN-KIS, BPJS Kesehatan Toraja Utara Sasar Kecamatan

BPJS Kesehatan Toraja Utara melakukan sosialisasi dan pemutakhiran data langsung kepada masyarakat di Kecamatan Buntu Pepasan, Jumat (7/9/2018). - risnawati/tribuntoraja.com

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan wilayah Toraja Utara melakukan kunjungan ke Kecamatan Buntu Pepasan untuk memberikan informasi langsung kepada masyarakat, Jumat (7/9/2018).

Kunjungan tersebut melakukan sosialisasi serta pemutakhiran data peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang masih kurang valid, khususnya peserta segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Kegiatan dilaksanakan demi peningkatan akurasi data serta meningkatkan pemahaman masyarakat peserta JKN-KIS menggunakan Mobile Customer Service (MCS) untuk memberikan informasi langsung.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Toraja Utara, Ariyani Lalang mengatakan, kegiatan digelar untuk memberikan informasi kepada peserta, agar memiliki pemahaman mengenai program JKN-KIS.

Baca: Permudah Peserta JKN-KIS, BPJSKes Hadirkan Rujukan Online

Baca: RS Maryam Citra Medika Takalar Kini Terima Peserta JKN-KIS

"Harapan kita, dengan kegiatan turun langsung ke Kecamatan, BPJS Kesehatan bisa lebih dekat dengan masyarakat, kemudian informasi yang disampaikan dapat meningkatkan pemahaman tentang program JKN-KIS serta dapat disampaikan atau diteruskan kepada peserta lainnya," tuturnya.

BPJS Kesehatan sekaligus melakukan pemutakhiran data peserta JKN-KIS, khususnya segmen PBI yang masih banyak datangnya belum lengkap, seperti Nomor NIK belum sesuai dengan NIK KTP Elektronik (KTP-el).

"Ini bentuk pelayanan prima sebab instansi langsung turun ke masyarakat, dan kami menginginkan pelayanan seperti ini lagi dan sangat perlu didukung," kata Camat Buntu Pepasan, Ruben To Allo yang begitu antusias mengikuti sosialisasi.

Dikatakan, selanjutnya akan menjadwalkan kembali kegiatan serupa bersama BPJS Kesehatan. "Kegiatan seperti ini sudah sering dilaksanakan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Toraja Utara, dan kami sudah menjadwalkan kunjungan ke setiap Kecamatan dan instansi," tambahnya.

Sebagaimana telah diketahui cakupan penduduk Toraja Utara yang terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sudah mencapai 89 persen atau sekitar 212 Ribu jiwa.

Pada kesempatannya, BPJS Kesehatan Toraja Utara sekaligus memperkenalkan kepada peserta aplikasi Mobile JKN yang bisa di download pada handphone peserta, agar bisa mendapatkan banyak kemudahan.

Kemudahan tersebut di antaranya kemudahan mendapatkan informasi, proses pendaftaran, perubahan data peserta, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, dan informasi jumlah tagihan.

"Serta dapat memudahkan dalam menyampaikan keluhan serta mendapatkan pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan," tuturnya.(*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Hasriyani Latif

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer