Kanal

PMI Selayar Sosialisasi Pentingnya Donor Darah, Ini Tujuannya

Palang Merah Indonesia (PMI) Selayar menggelar sosialisasi pentingnya donor darah di Ruang PolaKantor Bupati, Kecamatan Benteng, Kepulauan Selayar ( Sulsel) Jumat (7/9/2018). - nurwahidah/tribunselayar.com

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Palang Merah Indonesia (PMI) Selayar menggelar sosialisasi pentingnya donor darah di Ruang Pola Kantor Bupati, Kecamatan Benteng, Kepulauan Selayar (Sulsel). Jumat (7/9/2018).

Sosialisasi dalam rangka  HUT ke-73 PMI.

Dihadiri Asisten Administrasi Setda Drs. Dahlul Malik, Wakil ketua Bidang Organisasi PMI  Selayar, penanggung jawab laboratorium dan UTD RSUD KH Hayyung   Selayar dr Misnah, perwakilan masing-masing tiga orang pegawai/anggota dari setiap intansi pemerintah daerah, vertikal, BUMN/BUMD, Kecamatan Benteng, serta peserta lainnya jumlah 150 Orang.

Panitia kegiatan Ashap Taufik mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta, bahwa donor darah sangat bermanfaat bagi kesehatan, jangan takut donor darah dan donor darah itu menyehatkan.

Drs. Dahlul Malik, menambahkan  bahwa  dengan kondisi geografis Selayar yang terpisah dengan Pulau Sulawesi wajib mandiri terkait pelayanan darah.

"Permasalahan lain yaitu masih banyaknya orang yang takut berdonor darah menyebabkan sulitnya mendapatkan pendonor, dengan sosialisasi ini, saya berharap kita semua bisa merasa terpanggil untuk membantu sesama melalului donor darah, setelah mendengarkan manfaat dari berdonor darah," tuturnya.

Semantara itu penanggung jawab laboratorium dan UTD RSUD KH Hayyung   Selayar dr Misnah, juga  menambahkan bahwa beberapa manfaat donor darah yang salah satunya yaitu meningkatkan produksi sel darah merah.

"Ketika donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar," kata dr Misnah.

Penulis: Nurwahidah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer