Kanal

Pedagang di Pasar Mattirowalie Barru Ditertibkan Satpol PP Barru

Satpol PP Barru saat melakukan penertiban pedagang di Pasar Mattirowalie Barru Jl AP Pettarani, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (6/9/2018). - akbar hs/tribunbarru.com

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Puluhan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Barru turun langsung menertibkan pedagang di Pasar Mattirowalie Jl AP Pettarani, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (6/9/2018).

Dalam penertiban itu, petugas dipimpin langsung Plt Kabid Trantib Satpol PP Barru, Adam. Pantauan TribunBarru.com, petugas Satpol PP menyita kursi, meja dagangan, termasuk dagangan yang dijajakan penjual juga ikut disita.

Pedagang yang ditertibkan yakni mereka yang menjajakan dagangannya keluar di badan jalan.

Dalam proses penertiban itu, Satpol PP lebih awal meminta pedagang membuka lapaknya sendiri atau akan dibongkar petugas.

Sebagian pedagang sempat ada yang melawan dan keberatan lapak dagangannya dibongkar.

"Saya jualan untuk makan dan tidak pernah meminta-minta apalagi kepada pejabat," Kata Imra, salah seorang penjual sayur di Pasar Mattirowalie Barru.

Setelah diberikan pemahaman oleh pihak Satpol PP Barru, para pedagang yang berjualan di pinggir jalan akhirnya bersedia membuka lapaknya sendiri.

Baca: Satpol PP Enrekang Sosialisasi Penertiban Aset Daerah

Baca: Satpol PP Datang, Pedagang Pasar Sentral Makassar Tegang, Terjadi Aksi Dorong-dorong

"Penertiban ini kita lakukan demi menciptakan kondisi yang nyaman bagi pengendara atau masyarakat pengguna jalan yang hendak masuk pasar," kata Plt Kabid Trantib Satpol PP Barru, Adam.

Penertiban tersebut sesuai aturan Perda Trantib Nomor 11 Tahun 2017 tentang ketentraman dan ketertiban umum.

Selain di Pasar Mattirowalie, Satpol PP Barru juga melakukan penertiban pedagang di Taman Colliq Pujie Alun-alun, Kota Barru.

Selama penertiban, Satpol PP ikut serta membantu mengangkut peralatan pedagang ke atas truk milik dinas kebersihan setempat.

Sekedar diketahui, Satpol PP Barru sebelumnya sudah pernah melaksanakan penertiban pedagang di pasar Mattirowalie Barru.

Namun, sejumlah pedagang masih saja membandel sehingga penertiban ini kembali dilakukan Satpol PP Barru.(*)

Penulis: Akbar
Editor: Hasriyani Latif

VIDEO John Kei, Sosok Pembunuh Sadis Penghuni Sel Khusus Nusakambangan yang Kini Bertobat

Berita Populer