Kanal

Surati LIB, Target Verifikasi Ulang Penerangan Stadion Mattoangin Bulan Ini

Yahya Sirajuddin - ilham mulyawan/tribun-timur.com

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ilham Mulyawan

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Seperti kita ketahui sebelumnya, tim PSM sempat harus menjalani laga usiran ketika melawan Bhayangkara FC pada putaran pertama lalu di Stadion Dipta, Bali lantaran Stadion Mattoanging dinyatakan belum lolos penerangannya padahal angka standar yakni 800 lux.

Manajemen dan panpel pun sudah menambah jumlah lampu, plus memperbaiki sistem operasi keempat tower penerangan tersebut.

Beruntung selama September tim berjuluk Laskar Pinisi ini tetap diperbolehkan main laga home di Stadion Mattoanging mengingat laga seluruhnya digelar sore hari.

Namun pada bulan Oktober kembali PSM mendapatkan jatah main malam sehingga penerangan menjadi hal mendesak untuk segera dibenahi. Sadar akan hal itu panpel segera bergerak cepat.

Panpel berupaya terus melakukan perbaikan lampu selama bulan Juli-September plus dilakukan pengukuran intensitas cahaya lampu.

Baca: Panpel PSM Berlakukan Aturan Baru Parkir Kendaraan di Stadion Mattoanging

Baca: Tak Ingin Berkandang di Luar, Manajemen PSM Makassar Tes Lampu Stadion Mattoanging Lagi

“Lampu yang ada dimaksimalkan dengan pengaturan dan setting yang ada, termasuk kami berusaha kembali untuk mengatur arah cahaya yang mengarah ke lapangan,“ ujar Ketua Panpel, Yahya Sirajuddin.

Maklum, karena keempat tower sudah cukup lama sehingga banyak titik lampunya mengarah ke tempat lain. Ada yang ke arah tribun penonton maupun luar lapangan padahal titik fokus lampu diwajibken ke tengah lapangan guna mendapat penerangan maksimal.

Pihaknya pun sudah siap mengirimkan surat ke PSSI dan operator Liga dalam hal ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait pengajuan untuk pengujian kembali oleh tim verifikasi.

“Untuk mengukur kuat penerangan atau lampu yang ada di Mattoanging. Suratnya sudah dibuat dan mudah-mudahan mencapai nilai tersebut,“ lanjut Yahya. Ia menargetkan bulan ini verifikasi itu sudah dilakukan.

Sebelumnya sebanyak 52 lampu LED (Light Emitting Dioda) sudah dipasang di keempat tower penerangan stadion bersejarah tersebut. Lampu-lampu itu punya daya cukup besar per bijinya, yakni 500 watt sehingga diyakini bakal menambah signifikan tingkat pencahayaan stadion. Kian melengkapi lampu yang sudah terpasang. Belum termasuk lampu-lampu diatas tribun tertutup.(*)

Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Hasriyani Latif

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer