Kanal

Permudah Peserta JKN-KIS, BPJSKes Hadirkan Rujukan Online

Ilustrasi BPJS Kesehatan. - KOMPAS.COM

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJSKes) Cabang Makassar yang menanungi, Makassar, Maros, Gowa, Takalar, dan Pangkep terus meningkatkan pelayanan.

Teranyar, pelayanan digitalisasi rujukan atau rujukan online (rujol) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus disempurnakan.

Layanan rujol ini sangat mempermudah peserta JKN-KIS. Dimana yang mengeluarkan rujol yakni Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam hal ini puskesmas/klinik/dokter keluarga dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atau rumah sakit.

Dulu kan kalau pasien berobat di FKTP, harus membawa surat rujukan ke RS. Nah dengan adanya rujol tersebut, peserta sudah tidak perlu membawa apa-apa lagi. Karena data rujukannya sudah berbasis online ke RS yang dituju.

Staf Komunikasi Publik BPJSKes Cabang Makassar, Wira yang dihubungi Senin (3/9/2018) menuturkan, layanan ini kian mempermudah pasien untuk atur waktu rujukan.

"Selepas mengambil rujukan dan ternyata hari itu juga Anda belum mau ke RS, mungkin besok atau lusa. Yah itu tidak masalah. Silakan datang besok atau lusa. Tetap ambil antrian, perlihatkan kartu JKN-KIS. Nanti sisa diarahkan ke Poli yan dituju. Karena datanya sudah terinput beserta indikasi penyakitnya. kalau kemarinkan harus registrasi kembali," ujarnya.

Sekadar informasin, per Agustus total FKTP di Cabang Makassar ada 362 unit.

"FKTP yang menerapkan rujol ternyata baru yan berbasis komunikasi data. Dan di Cabang Makassar masih ada 15 FKTP yang belum berbasis komunikasi data," katanya.

Sedangkan untuk FKRTL di angka 50 Rumah Sakit (RS). "Semua RS sudah terintragrasi rujol," kata Wira. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Nurul Adha Islamiah

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer