Kanal

Fakultas Farmasi Unhas Edukasi Kader Puskesmas dan Posyandu di Barru

Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul "Edukasi Program Gema Cermat terhadap kader Puskesmas dan Posyandu di Baruga Sayang Colliq Pujie, Desa Pancana, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Minggu (2/9/2018). - CITIZEN REPORTER

Aminullah

Dosen Fakultas Farmasi Unhas

Melaporkan dari Barru

TRIBUN-TIMUR.COM-Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul "Edukasi Program Gema Cermat terhadap kader Puskesmas dan Posyandu di Baruga Sayang Colliq Pujie, Desa Pancana, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Minggu (2/9/2018).

Kader Puskesmas dan Posyandu Kecamatan Tanete Rilau yang hadir dalam kegiatan ini merupakan utusan dari Puskesmas Pancana dan perwakilan 18 kader posyandu.

Di antaranya kader posyandu dari Pepaya Pancana, Manggis Pancana Bahagia Paopao, Karya Paopao, Keluarga Paopao, Impian Corawali, dan Idaman Corawali.

Selaku ketua pengabdian masyarakat, Prof Dr rer-nat Marianti A Manggau Apt mengawali sambutannya dengan memperkenalkan tim dosen Fakultas Farmasi Unhas yang hadir dan menyampaikan tujuan kegiatan pengabdian masyarakat dalam mensosialisasikan program Kemenkes RI melalui Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat).

"Kegiatan Gema Cermat ini sangat penting. Kegiatan ini untuk membantu menyadarkan masyarakat dalam menggunakan obat dengan baik dan benar. Banyak kasus, masyarakat biasanya mendapatkan obat-obat keras dari warung-warung, padahal seharusnya melalui resep dokter. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Pancana," ujarnya.

Senada dengan Kepala Puskesmas Kecamatan Tanete Rilau, Makmur SSos MKes sangat mengapresiasi dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini.

"Kami sangat senang dengan kegiatan ini. Terkhusus karena memilih desa Pancana. Semoga pelaksanaan Gema Cermat ini bisa memberikan manfaat kepada kader-kader posyandu kami". ujarnya.

Selanjutnya, kader Puskesmas Pancana dan posyandu dibekali dengan materi Gema Cermat dipandu oleh dosen muda Farmasi, Rahmita Burhamzah SSi MSi Apt. Materi 1 mengenai penggolongan obat dibawakan oleh Drs H Hasyim Bariun MSi Apt. Selanjutnya, materi 2 mengenai cara penggunaan obat dibawakan oleh Prof Dr rer-nat Marianti A Manggau, Apt.

Setelah pemberian materi, selanjutnya kader posyandu dibagi dalam 6 kelompok untuk simulasi Gema Cermat.

Kader posyandu ini didampingi oleh asisten dan laboran laboratorium Biofarmasi serta fasilitator dari dosen Fakultas Farmasi.  Di antaranya Prof Dr Hj Asnah Marzuki MSi Apt, Dra Hj Aisyah Fatmawati MSi Apt, Dr Latifah Rahman DESS Apt, Dra Rosany Tayeb MSi Apt, Muh Aswad SSi MSi PhD Apt, Sumarheni SSi MSc Apt, Nur Indah Yanti SSi MSi, dan Aminullah SSi MPharmSc Apt.

Kader Puskesmas Pancana dan kader posyandu sangat serius mengikuti edukasi program Gema Cermat. Pelaksana kegiatan menyediakan hadiah khusus untuk kader terbaik pelatihan ini.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer