Kanal

Tingkat Kesadaran Wajib Pajak Rendah, DJP Sulselbatra Sasar Pelaku UMKM

Direktorat Jenderal Pajak (djk) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara menggelar Business Development Services (BDS) di Grand Diamond Ballroom Myko Hotel & Convention Center Makassar, Selasa (28/8/2018). - HANDOVER

TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbatra) berharap wajib pajak khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) taat pajak.

Hal tersebut mengingat pemerintah telah mendengar keluhan para pelaku UMKM dengan menurunkan tarif pajak bagi pelaku UMKM dari satu persen menjadi 0,5 persen.

"Selama ini pelaku UMKM mengeluh jika final di bawah Rp 4,8 miliar, tarif 1 persen terlalu tinggi. Pemerintah pun mendengar dan menurunkan menjadi 0,5 persen," kata Kepala Kantor Wilayah DJP Sulselbatra, Eka Sila Kusna Jaya.

Ia pun berharap, dengan berlakunya kebijakan baru tersebut, pelaku UMKM yang selama ini belum memberikan kontribusi kepada negara melalui pajak segara sadar dan taat pajak.

Manager Divisi Pengembangan Ekonomi BI kantor perwakilan Sulsel, Rachmat Riyanto menjadi pembicara pada acara Business Development Services (BDS) di Grand Diamond Ballroom Myko Hotel & Convention Center Makassar, Selasa (28/8). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (djk) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara ini digagas oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Selatan dan diikuti oleh 170 peserta yang merupakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Makassar. (sanovra/tribuntimur.com)

Baca: Direktorat Jenderal Pajak Sulselbatra Kumpulkan 170 Pelaku UMKM

Selain mensosialisasikan penurunan tarif pajak untuk meningkatkan kesadaran pajak para pelaku UMKM, Direktorat DJP Sulselbatra juga menggelar seminar untuk para pelaku UMKM.

"Kami support habis pelaku UMKM agar makin maju dan berkembang karena bagi kami penting kemajuan bisnis mereka berkolerasi langsung dengan kewajiban pajaknya," kata Eka Sila.

Eka Sila mengakui tingkat kesadaran pembayaran pajak di wilayah Kanwil Sulselbatra masih sangat rendah, namun pihaknya optimis tahun ini dapat mencapai target.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Mahyuddin

Ini Sosok Lelaki yang Digerebek Bersama Angel Lelga, Ternyata Pemain Sinetron Raden Kian Santang

Berita Populer