Kanal

Karnaval Budaya, Desa Tallambalao Tampilkan Kehidupan Seppong.Zaman Old

Suasana karnaval budaya dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 RI di Lapangan Sepakbola Samaturu Pelattoang, Desa Tammerodo, Majene, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/8/2018). - nurhadi/tribunsulbar.com

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Pemerintah Desa Tallambalao ikut karnaval budaya tingkat Kecamatan Tammerodo Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Karnaval budaya dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 RI yang diikuti seluruh pemerintah desa tersebut dipusatkan di Lapangan Sepakbola Samaturu Pelattoang, Desa Tammerodo, Sabtu (18/8/2018).

Pada karnaval tersebut, Pemerintah Desa Tallambalo tampil dengan cerita kehidupan masyarakat pemekaran Desa Seppong.

Baca: Warga Terpencil di Sinjai Ikut Meriahkan HUT ke-73 RI

Baca: HUT ke-73 RI, Begini Uniknya Lomba Balap Karung Ala Warga Pao-pao Barru

Mereka mengenakan seragama atau baju kebaya dan sarung bagi kaum perempuan layaknya perempuan zaman dahulu dan laki-laki mengenakan seragam yang layaknya masyarakat zaman dahulu yang siap-siap menuju kebun.

Para perempuan juga tampak menenten penampi berisi padi. "Orang-orang dulukan berpakaian seperti itu, sehingga kami hadir menggambarkan kepada masyarakat bahwa seperti inilah kearifan lokal para pendahulu yang ada di Tallambalao lewat karnaval ini," kata Darwis, perserta pawai.

Ia berharap, lewat karnaval itu para generasi muda Desa Tallambalao selalu mengingat suasana kehidupan masyarakat Tallamabalao yang penuh dengan kesederhanaan dan kekeluargaan.

"Generasi muda saat ini harus tahu dan paham bahwa ada filosofi kehidupan yang begitu sederhana lahir di tengah masyarakat Tallambalo pada zaman dahulu kala, dan itu yang harus tertanam dalam kehidupan sehari-hari kita saat ini di tengah arus modernisasi," tuturnya.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer