Kanal

Mantan Penderita Kusta di Kabupaten Bone Gelar Upacara 17 Agustus

Orang Yang Pernah Menderita Kusta (OYPMK) mengikuti upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia di Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Jumat (17/8/2018). Mereka ikut merasakan upacara peringatan Kemerdekaan bangsa Indonesia. - Handover

Citizen reporter

Hurriah Ali Hasan
Melaporkan dari Kab Bone

TRIBUN-TIMUR.COM - Dalam kesederhanaan, warga Dusun Lerang 2, Desa Abbumpungeng, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone ikut serta memperingati Hari Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia, Jumat (17/8/2018) di lapangan sekolah.

Melalui upacara bendera tersebut, Warga dusun yang merupakan Orang Yang Pernah Menderita Kusta (OYPMK) tak ketinggalan mengungkapkan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dirasakan oleh bangsa Indonesia.

Warga Dusun Lerang 2 adalah warga yang termarjinalkan akibat penyakit yang pernah mereka derita yaitu penyakit kusta.

Meski demikian, mereka tak merasa kecil hati untuk mengungkapkan kegembiraan atas kemerdekaan Indonesia yang sudah berlangsung selama 73 tahun.

Upacara sederhana itu dipimpin oleh Nurhayati, dengan tampil sebagai pembina upacara Saidah. Upacara diikuti 25 warga OYPMK bersama keluarga mereka.

Patang (61) OYPMK mengaku terharu dapat memperingati HUT proklamasi dlm bentuk upacara bendera. Dia mengaku, Ini yang pertama kali dia bisa ikut upacara bendera lagi. Terakhir  tahun 1975 saat dia masih duduk di bangku sekolah.

Hal yang sama diungkapkan Maryam. Tak pernah ada dalam benaknya bisa ikut upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan RI bersama masyarakat senasib mantan penderita kusta.

Usai upacara, warga OYPMK digembirakan dengan lomba merias wajah. Lomba ini diikuti sepasang warga, di mana salah satu akan merias wajah kawannya dengan mata tertutup.

Keadaan sebagian warga yang pernah menderita kusta berdampak besar terhadap kehidupan keluarga mereka yg sehat. Warga Lerang 2 menjadi sangat tertutup, karena tidak ingin keluarga mereka yang sehat menjadi bahan bully warga lain.

Stigma negatif yang masih melekat kuat di benak masyarakat umum terhadap penyakit kusta dan penderitanya, telah memaksa mantan penderita kusta ini hidup jauh terkucil.

Saat ini, warga OYPMK Dusun Lerang 2 dibina oleh LSM Beskar (Bebas dari Kerentanan dan Kemiskinan), dalam bentuk pembinaan potensi dan membangun kembali semangat juang mereka.

Andi Asia Pananrangi, Direktur Beskar mengatakan, pendampingan diberikan untuk mengembalikan rasa percaya diri warga OYPMK dan keluarganya karena adanya stigma negatif masyarakat terhadap mereka. (*)

Editor: Arif Fuddin Usman

Warga Gerebek Guru Honorer Asal Madura yang Cabuli Siswi SMP di Dalam Mobil, Awal Kenalan di Medsos

Berita Populer