Kanal

Penanganan Gigi Bungsu Tumbuh di Rahang Atas

Direktur RSGM Unhas, drg Muh Ruslin SpBM(K) - ANITA

TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR -Halo Dokter. Saya ingin Tanya tentang pencabutan gigi bungsu. Ada gigi bungsu saya tumbuh di rahang atas kanan. Setelah diperiksa di puskesmas, saya dirujuk untuk dilakukan pencabutan gigi di rumah sakit. Jujur saya agak sedikit parno karena gigi bungsunya tumbuh di rahang atas yang setahu saya sangat dekat dengan saraf-saraf. Untuk itu saya ingin menanyakan apa yang harus disiapkan sebelum pencabutan dan apa kemungkinan efek yang timbul pasca pencabutan gigi? Terima kasih.

Jawaban:

Pencabutan gigi bungsu biasanya diistilahkan dengan odontektomi (bedah ringan) adalah tindakan bedah ringan pada gigi geraham ketiga yang tidak tumbuh sempurna. Hal ini biasanya dilakukan pada gigi rahang atas ataupun bawah, kiri ataupun kanan. Anda tidak perlu khawatir dengan prosedur tersebut, karena meskipun letaknya berdekatan dengan saraf-saraf  lainnya, namun prosedur ini relatif aman, terutama jika dilakukan oleh ahlinya.

Tindakan pengambilan gigi bungsu adalah hal yang sangat sering dilakukan, khususnya oleh dokter gigi spesialis bedah mulut dan maksilofasial. Sebelum pencabutan gigi, anda tidak perlu menyiapkan hal-hal khusus, cukup mempersiapkan mental, rileks dan jangan terlalu cemas, karena hal tersebut justru akan membuat prosedur bedah menjadi lebih lama dan menegangkan. Jangan lupa sarapan atau makan sebelum melakukan prosedur bedah sehingga fisik tetap terjaga dan anda tidak merasa lemas.

Seperti dijelaskan diatas prosedur pencabutan gigi bungsu termasuk dalam kategori bedah ringan, maka tentu saja terdapat beberapa komplikasi yang dapat terjadi setelah pencabutan. Komplikasi yang paling sering terjadi seperti bengkak, rasa nyeri ataupun sariawan. Namun jangan khawatir, dokter gigi akan meresepkan obat-obatan setelah pencabutan untuk meminimalisir komplikasi yang akan terjadi.(*)

drg. M. Ruslin, MKes., SpBM(K)

Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer