Kanal

Selama Libur Lebaran, Lonjakan Traffic Data XL Axiata North Region Capai 87 Persen

Libur Lebaran, Trafik Data XL Axiata Melonjak 95 Persen - HANDOVER

TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR -Dalam rentang waktu 14 hari atau selama libur lebaran 1439 Hijriyah (H), XL Axiata North Region mencatat terjadi peningkatan trafik signifikan pada penggunaan layanan data.

Dimana terjadi peningkatan mencapai 45 persen selama periode libur lebaran dibandingkan hari biasanya dan 87 persen dibandingkan libur lebaran 1438 H tahun lalu.

Peningkatan ini disumbangkan masing-masing dari Sulawesi sebesar 49 persen dan Kalimantan sebesar 38 persen.

Semakin terjangkaunya layanan 4G LTE dari XL Axiata menjadi salah satu pendorong peningkatan ini.

Vice President North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi mengatakan, Hari Raya khususnya lebaran menjadi salah satu momen krusial bagi XL Axiata untuk memberikan pelayanan prima.

"Kenaikan trafik tahun ini merupakan trend dari kenaikan penggunaan data selama beberapa tahun terkahir ini dan diperkiran akan terus meningkat pada tahun mendatang," kata Desy, Selasa (26/6/2018).

Untuk wilayah Sulawesi Selatan sendiri, peningkatan trafik 92 persen disumbangkan dari penggunaan layanan data (streaming video dan music), media sosial (medsos), web browsing dan Instant Messaging. Sisanya berasal dari voice dan SMS.

Dari sisi jaringan, XL Axiata antara lain telah melakukan penambahan 8.500 BTS 3G/4G baru sebelum lebaran 2018.

Selain itu, kapasitas transmisi dengan meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1000 Gbps atau 3x lipat dibandingkan kapasitas pada lebaran 2017.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan kapasitas pada transmisi backbone antarpulau sebesar 460G.

Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran.

Seperti tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata, hingga mencapai total 344 titik lokasi.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer