Sempat Bakal Dipertahankan, Nyatanya Ferdinand dan Nurhidayat Lepas Juga, Ini Alasan PSM!

Laporan Wartawan Tribun Timur: Ilham Mulyawan

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Manajemen PT Persaudaraan Sepakbola Makassar (PT PSM) memperkenalkan pemain-pemain anyar PSM di Hotel Aryaduta, Makassar. Sekaligus perkenalan dengan pemain-pemain yang dipertahankan.

Namun saat mengenalkan tujuh pemain baru, ada dua pemain dari kompetisi musim lalu yang dipastikan tidak memperkuat tim musim ini. Yaitu Nurhidayat Haji Haris dan Ferdinand Sinaga. Nurhidayat kini telah berlabuh ke Bhayangkara FC.

Baca: Mantan Bek Kiri Bali United Ini Kian Dekat ke PSM Makassar. Ini Salah Satu Buktinya

Baca: Lama Dibujuk dan Dirayu, Eks Bek Bali United Ini Resmi ke PSM. Dikontrak Selama Setahun

Bek yang memperkuat Timnas U19 tersebut memilih ke klub berjuluk The Guardians tersebut karena kesempatan untuk bersaing sebagai starter di Liga 1 musim 2018 sangat berat. Jadi mencari klub yang benar-benar memberi peluang bisa tampil.

Dua pemain PSM Makassar di tim asuhan Indra Sjafri itu, mereka adalah Asnawi Mangkualam dan Nurhidayat Haji Haris. (instagram)

Lalu dari keterangan tambahan CEO PT PSM, Munafri Arifuddin, Nurhidayat memutuskan hengkang ke klub juara Liga 1 musim 2017 yakni Bhayangkara FC karena memiliki keinginan untuk menjadi polisi.

Baca: Hanya Dijanji-janji Klub Lama, Mantan Striker PSM Asal Brasil Ini Akhirnya Gigit Jari

Baca: Ferdinand Diisukan Hengkang ke Liga Malaysia, Sebelumnya Juga Digoda Pindah PSMS Medan

"Jadi Nurhidayat ini mau jadi polisi. Makanya mungkin dia ke Bhayangkara FC," ujar Appi -sapaan akrabnya yang tidak ingin menghalangi keinginan para pemain yang musim lalu lebih banyak menghabiskan waktu untuk Timnas tersebut.

Pilih Kelantan FA

Dalam kesempatan itu, CEO PT PSM Munafri Arifuddin juga menjelaskan status Ferdinand Sinaga yang dikabarkan bertolak ke Liga Malaysia. Ia membenarkan, jika Ferdinand memilih hengkang dari tim PSM.

Di akhir tahun 2017, sebenarnya antara dirinya dengan Ferdinand sudah sepakat secara lisan untuk memperpanjang kerja sama dengan durasi dua musim kontrak.

Adapun manajemen belum mengontrak langsung Ferdinand, karena manajemen ingin kontrak bersamaan dengan pemain buruan yang lain. Termasuk bersamaan tujuh pemain baru dan perpanjang kontrak pemain-pemain musim 2017 lalu.

Baca: Lihat Ini Kabar 3 Pemain Naturalisasi. Ada yang Pilih Pulkam hingga Kesandung Kasus Kriminal

Baca: Fanatisme dan Peruntungan Bisnis Distro All About PSM Makassar

"Nah, tanggal 1 Januari kemarin, dia (Ferdinand) sempat menghubungi mau ketemu. Saya tanya ada apa, ternyata dia ingin ungkapkan itu (hengkang ke Liga Malaysia). Ya kami tidak ingin mengekang atau menahan," jelas Appi.

Setelah kepergian Ferdinand, kini manajemen akan mencari lagi tipe striker lokal yang sama dengan gaya permainan eks pemain Semen Padang FC itu. "Nanti kalian lihat. Mungkin nanti gabung di Bali," ungkapnya.

Baca: Baca Ini, Kisah Perjalanan Gelandang Marc Klok di Musim 2017 dan Misi Juara untuk PSM

Baca: Mengejutkan. Simak Ini Pengakuan Marc Klok soal Naturalisasi dan Gabung Timnas Indonesia

Manajemen belum mencari pengganti Ferdinand, karena kepergian atau pilihannya untuk meninggalkan PSM sangat mendadak. Selain itu, mencari pengganti sepadan, butuh waktu. Tidak bisa buru-buru.

Pamit di Instagram

Ferdinand Sinaga memilih hengkang dari tim PSM Makassar. Selanjutnya ia bakal berlabuh ke Liga Malaysia. Kabarnya striker berjuluk The Dragon tersebut gabung dengan salah satu tim papan atas Kelantan FA. Kabarnya Ferdinand mendapat tawaran gaji tiga kali lipat dari PSM.

Pamit dari PSM, mantan pemain Persib Bandung ini memposting sebuah foto dirinya saat membela PSM di sebuah pertandingan Liga 1. Terlihat ia menutup wajahnya. Di bawah foto ada keterangan gambar yang intinya pamit.

"Terima kasih untuk kebersamaan selama 3 tahun bersama keluarga PSM baik management, pelatih, rekan pemain, dan para suporter. Maaf jika ada kekurangan dan kesalahan selama bersama. Semoga kesuksesan selalu bersama kita semua, amin," tulis Ferdinand.

Baca: Ini Resolusi Rasyid dan Ferdinand di Tahun Baru 2018

Baca: Wow, Robert Alberts Dikontrak PSM hingga 2021. Apa Komentar dan Ambisinya? Baca Ini

Sehari sebelumnya, Sang juru gedor skuad Ayam Jantan dari Timur, Ferdinand Alfred Sinaga santer dikabarkan bakal hengkang ke Liga Malaysia. Kabar ini tentu mengejutkan suporter PSM Makassar.

Kabar tersebut berhembus dan menjadi konsumsi pecinta PSM di media sosial (medsos). Ferdinand pun dikait-kaitkan dengan klub Kelantan FA. Ferdinand disebut-sebut akan dikontrak dengan nilai Rp 3 miliar per musim.

Dan pernyataan Ferdinand di status Instagramnya memastikan bawa Si 'Naga', tak akan memperkuat PSM untuk kompetisi tahun 2018 ini.

Baca: Pamit dari PSM Makassar, Ferdinand Sinaga Bilang Begini

Baca: Hasim Kipuw‎ Ingin Bayar Kepercayaan Manajemen PSM dengan Prestasi

Media Officer PSM Makassar, Widya Syadzwina, misalnya mengaku tak tahu menahu soal tersebut. Ia menunggu dan mengatakan bahwa ranahnya CEO PT PSM yang akan mengumumkan hal tersebut.

"Nanti ditanyakan saat jumpa pers ke CEO," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (2/1/2018). Sesuai rencana manajemen akan menggelar jumpa pers terkait kontrak beberapa pemain, pada Rabu (3/1/2018). (*)

Pemain PSM Makassar, Ferdinand Sinaga. PSM Makassar pesta gol ke gawang Semen Padang dalam lanjutan Liga 1. Juku Eja (julukan PSM) menang 4-0 atas Semen Padang di Stadion Andi Mattalatta, Senin (2/10/2017). Berkat kemenangan ini, PSM naik satu peringkat ke posisi ketiga dengan merangkum 52 poin. tribun timur/muhammad abdiwan (TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN)

data diri
Nama lengkap: Ferdinand Alfred Sinaga
Lahir: Bengkulu, 18 September 1988 (umur 29)
Tinggi: 170 cm
Posisi: Penyerang
Klub saat ini: PSM Makassar
Karier junior
2003–2007 Persib Bandung

Karier senior*
2006–2007 Persibat Batang
2007–2008 Persikab Bandung
2008–2009 Pelita Jaya
2009–2010 PPSM Sakti Magelang
2010–2011 Persiwa Wamena
2011–2012 Semen Padang
2012–2013 Persisam Pusam
2013–2014 Persib Bandung
2014–2015 Sriwijaya FC
2015-2017 PSM Makassar
2018-Skrg Kelantan FA

Statistik Ferdinand 2017
Main: 27 kali
Starter: 19 kali
Pengganti: 8 kali
Diganti: 9 kali
Duduk di Bench: 8 kali
Koleksi gol: 12 gol
Kartu kuning: 3
Kartu merah: 1
Menit main: 1.804 menit

Statistik Ferdinand 2016
Main: 19 kali
Koleksi gol: 10 gol
Kartu kuning: 2