Resmi! Inilah 7 Pemain Pilar Anyar PSM untuk Musim 2018, Salah Satu Eks Suwon FC

Laporan Wartawan Tribun Timur: Ilham Mulyawan

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Manajemen PT Persaudaraan Sepakbola Makassar akhirnya memperkenalkan para pemain baru yang akan memperkuat PSM di Liga 1 2018. Perkenalan pemain baru dilakukan di Hotel Aryaduta, Makassar, Rabu (3/1/2018).

Para pemain itu adalah Bruce Djite seorang legiun asing berpaspor Australia. Bruce bakal menggantikan posisi Pavel Purishkin yang telah didepak. Kemudian pemain anyar lainnya yakni Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Saldi, Shahar Ginanjar, Arsyad Yusgiantoro dan Heri Susanto.

Baca: Mantan Striker PSM Pemilik Tendangan ‘Pisang Ijo’ Ini Bakal Merapat ke PSIS Semarang

Baca: Sempat Bakal Dipertahankan, Nyatanya Ferdinand dan Nurhidayat Lepas Juga, Ini Alasan PSM!

Manajemen PT PSM melalui Chief Executive Officer (CEO) Munafri Arifuddin menjelaskan, pihaknya selama ini sengaja tidak ingin menggembar-gemborkan perburuan pemain dengan alasan, ingin memastikan betul administrasi pemain buruan tersebut sudah clear.

"Kita ingin jelas semua terkait pemain baru. Karena ada beberapa yang kontraknya bersama klub lama hingga 31 Desember. Jadi kita tunggu dulu itu usai baru kita perkenalkan sekarang," kata Appi –sapaan Munafri.

Walau begitu, jumlahnya tujuh orang pemain baru tersebut, pihak manajemen belum akan berhenti merekrut pemain anyar lainnya. Setidaknya masih ada dua sampai tiga pemain tambahan lainnya.

Baca: Fanatisme dan Peruntungan Bisnis Distro All About PSM Makassar

Baca: Wow, Robert Alberts Dikontrak PSM hingga 2021. Apa Komentar dan Ambisinya? Baca Ini

"Total nanti ada sembilan atau sepuluh pemain baru akan kita rekrut untuk mengarungi Liga 1 2018," ujar CEO PSM, Munafri Arifuddin.

Apalagi striker Ferdinand Sinaga dan Nurhidayat Haji Haris memilih hengkang ke klub lain. Jadi butuh dua lagi pengganti. Manajemen ingin total pemain di dalam skuat Laskar Phinisi berjumlah semuanya 30 orang.

Kontrak 2 Musim

Appi menyebutkan, jika dari ketujuh pemain yang sudah meneken kerja sama ini, mayoritas dikontrak selama dua musim. "Hanya Arsyad yang satu musim," katanya.

Baca: Ferdinand Diisukan Hengkang ke Liga Malaysia, Sebelumnya Juga Digoda Pindah PSMS Medan

Baca: Fakta Terbaru! Bek Tengah PSM Ini Nyaris Berseragam Persib Bandung. Bagaimana Bisa?

Namun Munafri tidak merinci secara detail alasan durasi-durasi kontrak tersebut berbeda. Yang jelas, terkait faktor permainan dan evaluasi di akhir musim.

Sedangkan dengan pemain-pemain yang dipertahankan, juga sudah kesepakatan untuk musim ini. Termasuk dengan kapten tim, Hamka Hamzah yang sebelumnya sempat diisukan hengkang ke tim lain. Sosok Hamka juga hadir di Hotel Aryaduta kemarin.

"Dengan Hamka (Hamzah) sudah Gentleman Agreement. Begitu juga Zulham (Zamrun) dan Rizky Pellu. Mungkin besok (hari ini) realisasinya (kontrak)," jelas Appi.

Baca: Lihat Ini Kabar 3 Pemain Naturalisasi. Ada yang Pilih Pulkam hingga Kesandung Kasus Kriminal

Baca: Menelusur Perut Bumi Pacitan, Aksi Menantang Tim Ekspedisi Nusantara Mapala 09 FT Unhas

Di tempat sama, Pelatih PSM Robert Rene Alberts yang sudah tiba dari Malaysia, menyebut tujuan utamanya sekarang adalah mendapatkan komposisi pemain terbaik.

Dan kini Robert bersama jajaran pelatih fokus pada program training centre (TC) tim kemudian dilanjutkan dengan mengikuti turnamen-turnamen pramusim seperti Super Cup Asia, Presiden Cup hingga Kaltim Cup.

Bruce Merasa Senang

Striker asing baru PSM asal Australia, Bruce Jose Djite merasa senang bisa bergabung dengan tim Ayam Jantan dari Timur.

Baca: Ini Dia Pengganti Pavel Purishkin. Antara Bruce Djite Atau Spaso? Atau Keduanya?

Baca: Calon Pengganti Striker PSM Pavel Purishkin Ini, Dinilai Robert Cukup Menjanjikan

Pertimbangannya bergabung dengan tim berjuluk Laskar Phinisi ini karena merasa yakin setelah bertemu dengan CEO PSM, Munafri Arifuddin dan Pelatih Robert Rene Alberts.

"Saya berbicara beberapa kali dengan coach Robert dan dia bisa meyakinkan saya untuk ke sini, begitu juga dengan Pak Munafri," ujarnya.

Kendati baru pertama kali bermain di Indonesia, dan belum mengenal betul gaya permainan sepakbola di kompetisi Indonesia, tapi ia tak takut untuk mengenal dan beradaptasi. Dan yakin bakal memberi kontribusi besar bagi tim tertua di Indonesia ini.

Baca: PSM Pemusatan Latihan Awal Januari. Dimana Wiljan Pluim Cs Digembleng?

Baca: Wow. Pluim Teken Kontrak di PSM hingga 2021. Ini Alasan dan Komentarnya

"Saya sudah cukup banyak bermain di liga-liga yang sepakbolanya maju seperti di Liga Tiongkok dan Korea Selatan, sehingga saaya percaya dengan diri saya untuk bersaing di liga ini," katanya lagi.

Empat Alasan Rahman

Sementara itu, pemain bertahan asal Kabupaten Sidrap, Abdul Rahman menyebut ada empat faktor utama sehingga ia memilih untuk memperkuat PSM Makassar di kompetisi Liga 1 musim 2018 ini.

Keempat alasan atau faktor yang membuatnya memilih ke PSM adalah pertama karena diyakinkan oleh CEO PSM Munafri Arifuddin, yakni misi dan visi PSM musim ini menjadi juara liga 1.

Baca: Baca Ini, Kisah Perjalanan Gelandang Marc Klok di Musim 2017 dan Misi Juara untuk PSM

Baca: Mengejutkan. Simak Ini Pengakuan Marc Klok soal Naturalisasi dan Gabung Timnas Indonesia

Alasan kedua kualitas Robert Alberts sebagai pelatih, tiga tidak ingin jauh lagi dari kampung halaman, dan keempat kagum atas fanatisme suporter.

"Pertama karena Pak Appi sangat serius untuk merekrut saya. Lalu saya juga ingin menambah kualitas diri di bawah arahan Coach Robert. Pelatih ini diakui punya kualitas dan saya ingin merasakannya," ungkap Abdul Rahman. (*)

Abdul Rahman saat masih membela Bali United (tribunnews.com)

Pemain Anyar PSM:

Heri Susanto
Usia: 23 tahun
Posisi: Striker
Klub Asal: Persiba Balikpapan

Arsyad Yusgiantoro
Usia: 21 tahun
Posisi: Winger Kanan
Klub Asal: Gresik United

Hasim Kipuw
Usia: 28 tahun
Posisi: Bek kiri/kanan
Klub Asal: Bali United

Baca: Dilepas Bali United, Stopper Abdul Rahman Punya Kans Besar ke PSM. Benarkah?

Abdul Rahman
Usia: 29 tahun
Posisi: Stopper
Klub Asal: Bali United

Saldi
Usia: 22 tahun
Posisi: Winger Kanan
Klub Asal: Madura United

Shahar Ginanjar
Usia: 27
Posisi: Kiper
Klub asal: Barito Putera

Bruce Djite
Usia: 30 tahun
Posisi: Striker
Klub Asal: Suwon FC (Liga Korea Selatan)