Mantan Striker PSM Pemilik Tendangan ‘Pisang Ijo’ Ini Bakal Merapat ke PSIS Semarang

Laporan Wartawan Tribun Timur: Ilham Mulyawan

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Mantan penyerang PSM Makassar di putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2017 lalu, Pavel Purishkin, tampaknya masih akan bermain di Indonesia pada musim 2018 mendatang.

Meski saat ini pemain asal Uzbekistan itu tengah berada di negaranya untuk berlibur, namun tak lama lagi pemilik julukan Daeng Paseko itu, bakal kembali ke Indonesia.

Baca: Lama Dibujuk dan Dirayu, Eks Bek Bali United Ini Resmi ke PSM. Dikontrak Selama Setahun

Baca: Sempat Bakal Dipertahankan, Nyatanya Ferdinand dan Nurhidayat Lepas Juga, Ini Alasan PSM!

Pavel rencananya bakal merumput kembali di kasta tertinggi sepakbola Indonesia Liga 1 musim 2018. Tim promosi asal Jawa Tengah, PSIS Semarang berkeinginan memakai jasa pemain kelahiran 1988 itu.

Striker PSM Makassar Pavel Puriskhin menandatangani kontrak dengan PSM Makassar, Kamis (10/8/2017) (ILHAM MULYAWAN)

Informasi kepindahan Pavel ke PSIS diungkapkan oleh CEO PT PSM Munafri Arifuddin. "Pavel dapat tim disini, rencananya dia ke PSIS Semarang," kata Appi dalam jumpa pers, Selasa (2/1/2018).

Sebelumnya Pavel memperkuat skuat Ayam Jantan dari Timur pada paruh musim Liga 1 Indonesia 2017 lalu. Ia didatangkan sebagai pengganti Reinaldo Elias Da Costa yang diputus kontrak oleh manajemen.

Baca: Hanya Dijanji-janji Klub Lama, Mantan Striker PSM Asal Brasil Ini Akhirnya Gigit Jari

Baca: Bek PSM Makassar Catat Rekor Dunia Seperti Pemain Turki

Bersama Hamka Hamzah Cs, Pavel mampu mencetak empat gol. Awal kedatangannya ia diproyeksi menjadi target man, namun dalam beberapa kesempatan ia tak mampu bersaing dengan striker lainnya, Ferdinand Sinaga.

Jadi Penyerang Sayap

Khusus nama Ferdinand, penyerang yang memutuskan hengkang ke Liga Malaysia ini, bermain menawan di putaran kedua bersama skuad Ayam Jantan dari Timur. Ia mengemas 8 gol dari total 12 gol koleksi di Liga 1.

Sehingga Robert Rene Alberts selaku pelatih PSM memposisikannya sebagai penyerang sayap. Hingga akhir musim pemain yang pernah merumput di Liga Malaysia dianggap tak memberi kontribusi maksimal hingga kontraknya tak diperpanjang.

Baca: Calon Pengganti Striker PSM Pavel Purishkin Ini, Dinilai Robert Cukup Menjanjikan

Baca: Ini Dia Pengganti Pavel Purishkin. Antara Bruce Djite Atau Spaso? Atau Keduanya?

Catatan statistik Pavel Dg Paseko –julukannya di PSM, dari 13 kali bermain, total tampil di lapangan selama 766 menit. Koleksi gol yang dihasilkan sebanyak 4 biji salah satunya dari tendangan sudut yang dikenal sebagai tendangan “Pisang Ijo”.

Pavel pun dilepas bersamaan dengan kompetisi Liga 1 2017 berakhir. Ia bersama dua pemain senior Syamsul Haeruddin dan Denni Marsel yang memilih mundur.

Baca: Pamit dari PSM Makassar, Ferdinand Sinaga Bilang Begini

Baca: Hengkang dari Bali United, Hasim Kipuw Dikabarkan bakal Berlabuh di PSM

Tendangan pisang Pavel itu berhasil merobek ke gawang Semen Padang adalah salah satu memori kemenangan terbaik PSM di Liga 1 musim ini. Musim depan, aksi Pavel akan dikenang di klub PSIS.

PSIS Memang Minat

Sementara itu, terkait perburuan pemain asing, manajemen PSIS Semarang sudah menuju tahapan akhir untuk pemain asing.

Bahkan manajeme tim Mahesa Jenar itu membenarkan mantan striker PSM Makassar, Pavel Purishkin sakan segera merapat ke tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar. Penyerang asal Uzbekistan itu memang berstatus bebas kontrak.

Baca: Ferdinand Diisukan Hengkang ke Liga Malaysia, Sebelumnya Juga Digoda Pindah PSMS Medan

Baca: Diisukan Bakal Hengkang, Ardan Aras: Saya Tetap Bertahan di PSM

Wahyu Winarto General Manager (GM) PSIS, membernarkan rencana mendaratkan Pavel. Hanya saja, penyerang 29 tahun itu belum mendapat jaminan langsung bakal berkostum tim kebanggaan publik Semarang.

''Memang benar sudah ada pembicaraan dengan Pak CEO (Yoyok Sukawi-red) soal Pavel (Purishkin). Namun status dia nantinya masih trial dan akan dicermati tim pelatih,'' kata Liluk –sapaan akrabnya, Selasa (2/1/2018).

Lebih jauh, Liluk menjelaskan, meski sudah berpengalaman di kompetisi Liga 1, pihaknya tak ingin gegabah dengan cepat-cepat mengikat Pavel. Tim pelatih akan melihat kondisi terkini mantan pemain UiTM FC itu dan juga kondisi kebugaran.

Baca: Hanya Dijanji-janji Klub Lama, Mantan Striker PSM Asal Brasil Ini Akhirnya Gigit Jari

Baca: Nasib Mantan Striker PSM Ini Tak Jelas di Persija Jakarta, Persib Bandung Siap Bajak?

''Kami hanya ingin pemain yang benar-benar siap dan sesuai kebutuhan tim. Aturan trial memang berlaku untuk seluruh pemain asing yang akan merapat ke PSIS,'' tegas Liluk dikutip dari bola.com.

Hingga saat ini, baru satu pemain asing yang mengadu nasib di PSIS. Dia adalah eks gelandang Barito Putera dan PS TNI, Ibrahim Conteh. Pemain asal Sierra Leone itu sudah beberapa hari berlatih dan sempat tampil melawan Timnas PPLM di Stadion Citarum, Kamis (28/12/2017). (*)

Aksi striker PSM Pavel Purishkin saat menjamu PS TNI dalam lanjutan Gojek-Traveloka Liga 1 Indonesia di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Minggu (10/9/2017). (TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN)

Statistik Purishkin di Liga 1 2017
* Main: 13 kali
* Starter: 8 kali
* Pengganti: 5 kali
* Diganti: 6 kali
* Duduk di Bench: 5 kali
* Koleksi gol: 4 gol
* Kartu kuning: 3
* Kartu merah: 0
* Menit main: 766 menit